Sepatu sebagai alas kaki tentu menjadi salah satu pelengkap busana yang harus diperhatikan dalam tampilan seseorang. Selain model dan kualitas, hal yang tak kalah penting adalah cara perawatan sepatu itu sendiri. Hal ini dikarenakan kebersihan sepatu sangat berpengaruh pada aroma sepatu dan awet tidaknya sepatu tersebut. Terlebih apabila sepatu tersebut merupakan sepatu kesayangan, pasti cepat rusak adalah hal yang sangat tidak diinginkan. Apabila kamu sudah mencoba merawat sepatu dengan menggunakan jasa pencucian sepatu, namun tidak mendapatkan hasil yang memuaskan, ataupun telah mencoba berbagai produk dan cara menghilangkan bau di sepatu namun tak berhasil, berikut adalah 5 bahan alami yang dapat kamu coba sendiri di rumah untuk merawat kebersihan sepatu kesayanganmu!

  1. Baking soda

Baking soda mungkin selama ini dikenal hanya sebagai pengembang kue saja, namun ternyata bahan masakan ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau pada sepatu. Hal ini dikarenakan kandungan baking soda yakni sodium bicarbonate adalah senyawa yang memiliki sifat reaksi terhadap segala bentuk asam. Maka, bau sepatu yang berasal dari keringat bercampur dengan debu akan hilang karena reaksi dari senyawa tersebut.

Adapun cara menggunakan baking soda untuk menghilangkan penyebab bau sepatu ini adalah cukup ditaburkan secara merata pada bagian dalam sepatu lalu diamkan selama sehari semalam. Setelahnya, sepatu akan siap digunakan dan tentu saja bau yang ada di dalamnya telah hilang. Jangan lupa dikeluarkan dulu ya bubuk baking sodanya sebelum pemakaian!

  1. Kantung teh celup

Bahan alami kedua yang dapat digunakan untuk menghilangkan penyebab bau sepatu adalah kantung teh celup. Selain dikenal kaya akan antioksidan dengan konsentrasi tertinggi bernama polifenol yang berfungsi untuk memelihara kesehatan tubuh seperti mengobati perut kembung dan mengatur temperatur tubuh serta gula darah, daun teh ternyata juga mengandung antioksidan bernama catechins yang bersifat anti bakteri. Sifat anti bakteri itulah yang kemudian menjadi salah satu alasan mengapa daun teh dapat digunakan untuk menghilangkan bau sepatu.

Selain menghilangkan bakteri yang ada di dalam sepatu, daun teh juga akan mengeluarkan aroma khasnya, yang tentu saja akan membebaskan sepatumu dari aroma apek.

Adapun cara pemakaian daun the untuk menghilangkan bau sepatu adalah kamu cukup meletakkan kantung teh celup atau irisan daun teh ke dalam sepatu, lalu diamkan selama sehari semalam. Setelahnya, sepatu yang bersih dan bebas bau siap digunakan. Jangan lupa bersihkan kantung teh atau daun tehnya dulu ya!

  1. Kulit jeruk

Salah satu bahan alami untuk menghilangkan penyebab bau sepatu. (https://review.bukalapak.com/mens-style/5-cara-menghilangkan-bau-sepatu-sesuai-bahannya-29212 )

Bahan alami ketiga yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau di sepatu adalah kulit jeruk atau lemon. Kulit jeruk atau lemon dapat digunakan untuk menghilangkan bau sepatu karena mengandung minyak essensial yang sangat ampuh untuk menghilangkan bau. Minyak essensial tersebut juga berfungsi sebagai anti bakteri, sehingga sepatumu akan bebas dari bakteri setelahnya.

Adapun cara pemakaiannya adalah, cukup siapkan dua buah kulit jeruk segar yang telah selesai dikupas lalu masukkan ke dalam bagian sepatu. Diamkan selama kurang lebih semalaman, maka di pagi harinya kamu akan mendapati sepatu kesayangan telah bebas bau dan bakteri. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan sepatu yang memiliki harum jeruk yang enak.