Pria muslim dijamin memiliki peci hitam di rumahnya, entah sekedar dipakai sholat Jum’at atau mungkin dipakai setiap kali datang ke acara keagamaan. Peci jenis ini memang paling lumrah ditemui dan memang wajib dimiliki karena kegunaannya luar biasa banyak dibanding peci jenis lain. Bahan yang digunakan memang khas yakni beludru yang kalau tidak dirawat dengan baik akan mudah rontok dan belang karena beberapa bagian beludrunya sudah hilang. Maka, setelah memilikinya usahakan memberi perawatan semestinya.

4 Cara Terbaik Merawat Peci Hitam Agar Awet dan Selalu Bagus

Cara Terbaik Merawat Peci Beludru

Apalagi peci ini cocok untuk acara santai maupun formal, dan ketika ijab qabul nanti pun Anda akan membutuhkannya. Maka penting untuk merawatnya dengan baik karena harganya sendiri dari waktu ke waktu semakin mahal. Berikut tata cara merawatnya:

  • Hindari jamur pada peci dengan rutin dijemur,

Peci dengan warna hitam karena memakai bahan beludru ini memang kerap diserang oleh jamur, apalagi kalau selalu dalam kondisi lembab. Biasanya selepas dipakai tidak diperlakukan dengan baik sehingga lembab oleh keringat dan akhirnya berjamur. Usir jamur ini dengan cara menjemurnya sekitar 20 menitan, sehingga warnanya tetap hitam bukan kehijauan.

  • Jangan sampai terkena air apalagi dicuci,

Mencuci peci hitam adalah tindakan yang salah karena bisa mengikis lapisan beludru pada peci tersebut. Perlahan akan semakin pudar warna hitamnya dan belang-belang sehingga sudah tidak pantas untuk dipakai lagi karena sudah rusak. Pencucian juga membuat karton untuk membentuk peci lebih tegas dan kaku ikut rusak maka kehilangan bentuknya. Kalau sudah begini dijamin peci ini semakin tidak nyaman untuk dipakai lagi, maka jangan sampai tercuci ataupun terkena air.

  • Semprotkan pewangi secukupnya,

Peci kesayangan ini tentunya akan rutin dipakai setiap kali diperlukan maka tidak akan menutup kemungkinan menjadi bau. Aroma tak sedap dari bekas keringat atau mungkin terkena air hujan saat di tengah jalan tentu sangat mengganggu. Nantinya kalau dibiarkan dijamin aroma ini akan tercium orang lain dan mengganggu lebih banyak orang. Atasi bau ini dengan menyemprotkan pewangi khusus pakaian dan dalam takaran yang pas jangan berlebihan. Opsional lain adalah menempatkan kapur barus di tempat penyimpanannya.

Baca juga Mengenal Fungsi dari Peci Hitam Bagi Para Pria

  • Simpan peci dengan benar,

Penyimpanan yang tepat juga akan membantu merawat peci ini dengan baik, sehingga bentuknya tetap cantik dan warnanya tetap berkilau. Idealnya disimpan dengan cara digantung di paku supaya bentuknya tidak mudah berubah. Kalaupun dimasukkan ke dalam laci atau lemari pakaian maka usahakan ditempatkan secara terpisah dan dilipat mengikuti bekas lipatan dari pabriknya. Jangan sampai tertindih oleh pakaian lain di lemari karena bisa menyebabkan peci hitam ini hancur, tentu sangat disayangkan kalau harus membeli yang baru.