Suatu kebanggaan menjadi salah satu masyarakat Indonesia yang mempunyai warisan budaya seperti batik. Dahulu batik hanya digunakan sebagai pakaian yang berbentuk kain dalam keraton tetapi seiring perkembangan jaman banyak kain batik yang dijadikan dalam beberapa model pakaian. Tetapi dipasaran hanya tersedia batik pria yang dapat digunakan dalam beberapa acara formal. Adapun kaos ataupun celana yang kerap digunakan para pria untuk berbagai kegiatan santai. Kalau untuk wanita tentu bisa dimodifikasi dalam beberapa model dari mulai atasan, dress, kemeja, cardigan ataupun jenis lainnya.

Batik semakin eksis dengan peraturan hampir semua perusahaan yang mewajibkan setiap karyawannya menggunakan baju batik dalam satu hari dari seminggu. Nah, jika Anda sebagai pria yang bekerja disalah satu perusahaan yang mewajibkan hal tersebut pasti pernah merasa kebingungan menentukan batik seperti apa yang pantas. Berikut ini ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan dalam pemilihan kemeja batik, antara lain:

Baca juga: Beberapa Jenis Model Baju Batik Pria dan Wanita

  • Motif yang tepat.

Batik mempunyai berbagai corak ataupun motif yang berbeda-beda, dari mulai yang kecil, sedang sampai dengan besar. Beberapa waktu lalu salah satu maestro batik Indonesia mempunyai kiat untuk menonjolkan motif batik yang berukuran besar supaya terlihat wibawa untuk para pria. Nah, Anda bisa memilih baju batik dengan motif-motif besar saat bekerja ataupun kebeberapa acara formal.

  • Bahan yang tepat.

Dahulu batik hanya dibuat melalui sebuah kain mori yang dilukis menggunakan canting, tetapi akibat perkembangan jaman banyak kemeja batik pria yang terbuat dari bahan yang tidak asli. Dipasaran sendiri Anda akan menemukan berbagai bahan dasar pembuatan batik, semuanya mempunyai karakteristik yang berbeda-beda.

  • Batik sesuai kebutuhan.

Kenapa harus mengikuti trend perkembangan model batik sekarang jika itu tidak sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk kemeja pria tentu hanya sebatas panjang atau pendek lengan saja, jadi tidak ada model lainnya. Walaupun begitu Anda tidak bisa sembarangan menggunakan kedua jenis model lengan tersebut dalam berbagai acara. Misalnya formal Anda harus menggunakan batik lengan panjang, untuk santai bisa menggunakan yang berlengan pendek.

  • Warna kemeja.

Faktor yang perlu menjadi pertimbangan selanjutnya adalah warna dari kemeja itu sendiri, dalam hal ini Anda harus menyesuaikan dengan warna kulit Anda. Banyak motif dan warna yang bisa Anda temui berdasarkan ciri khas setiap daerah baik Solo, Jogja, Pekalongan, Cirebon ataupun lainnya.

Kalau untuk harga batik sendiri relative, tergantung dari proses pembuatannya seperti yang telah dikatakan diatas bahwa sekarang ini banyak jenis batik dari mulai cap, sablon, tekstil ataupun lainnya. Dari kesemuanya mempunyai perbedaan harga dan juga kualitas yang sangat signifikan. Sangat disarankan untuk acara formal dan penting Anda memilih kemeja batik pria yang asli benar-benar batik tulis, walaupun lebih mahal tetapi kualitas dari kain dan juga motif sangat bagus.