Memiliki koleksi perhiasan emas seperti gelang emas maupun jenis lainnya tentu menjadi sumber kebanggaan tersendiri bagi Anda. Apalagi perhiasan ini akan menjadikan penggunanya terlihat lebih elegan dan berkelas, meskipun ukuran perhiasannya terbilang mungil. Menariknya perhiasan emas inipun menjadi aset investasi yang terbilang menarik untuk ditekuni meskipun fungsi dasarnya hanya sebagai tabungan saja. Pasalnya ketika dijual kembali akan mendapatkan potongan harga yang lumayan, maka penting untuk menyimpannya sebagai bentuk tabungan fisik bukan aset yang melahirkan pundi-pundi uang.

4 Kiat Merawat Gelang Emas dengan Mudah

Mudahnya Merawat Perhiasan Emas

Gelang dari logam mulia kerap dijadikan pilihan orang untuk dibeli, sebab menjadi aksesoris yang sukses menunjang penampilan. Apabila memiliki perhiasan ini entah banyak ataupun sedikit usahakan dirawat dengan baik, apalagi perawatannya tidaklah sulit. Berikut bentuk perawatan tersebut:

  • Hindari kontak dengan parfum dan lotion,

Perhiasan gelang dari material emas memang identik dimiliki kaum perempuan, dan mereka ketika memakainya dijamin akan mematut diri di depan meja rias. Alhasil berbagai produk kecantikan pun akan diaplikasikan dan baiknya hindarkan kontaknya dengan gelang tersebut. Sebab produk kecantikan seperti parfum dan lotion bisa membuat warna gelang Anda memudar bahkan menghitam.

  • Baiknya digunakan seperlunya saja,

Memang benar bahwa dengan memakai gelang emas maupun perhiasan dari logam mulia jenis lainnya setiap hari akan meningkatkan status sosial. Akan tetapi penggunaan perhiasan yang terlalu sering ternyata efektif merusak perhiasan itu sendiri. Entah penyok karena terbentur, terkena gesekan tangan sendiri, ataupun bernoda dan pudar setelah terkena keringat. Maka penting untuk membatasi pemakaian perhiasan tersebut untuk mempertahankan warnanya, apalagi status sosial tidak harus dibuktikan dengan penggunaan emas di sekujur badan.

  • Jangan dipakai mandi dan berenang,

Membatasi pemakaian perhiasan emas jenis gelang atau apapun itu memang penting, apalagi jika nantinya melakukan aktifitas di air. Entah sekedar mandi ataupun berenang di kolam dan juga di pantai atau laut. Usahakan ketika mandi semua perhiasan dilepas karena jika terjadi kontak dengan sabun mandi dijamin akan kusam dan kilau nya hilang. Kemudian jangan sampai pula ikut diajak berenang karena kandungan garam pada air laut bisa merusak warnanya, begitu pula dengan kaporit di kolam renang.

Baca Juga Cara Membersihkan Gelang Emas Agar Tetap Nampak Berkilau

  • Bersihkan secara teratur,

Menjaga kebersihan perhiasan emas berupa gelang juga penting dilakukan secara teratur untuk menjaga kilau nya tetap mempesona. Anda cukup menyediakan lap bersih dan ditetesi dengan autosol, yakni cairan berbahan abrasiv yang efektif melunturkan semua noda pada logam mulia. Pembersihan ini tidak harus dilakukan setiap hari cukup sekali seminggu atau sekali dalam sebulan, dijamin perhiasan Anda bersih dan bersinar. Setelah gelang emas dibersihkan simpan dengan baik dan tabahkan silika gel untuk menghindari jamur.