Pada saat belanja baju batik dijamin Anda akan sangat teliti dalam memperhatikan motif batik pada busana tersebut. Kain batik memang memiliki ciri khas berupa motif yang menarik dan cenderung memiliki filosofi yang mendalam, maka bentuknya sangatlah unik. Terlebih untuk kain batik berkualitas yang dikerjakan dengan metode manual yakni batik tulis, dijamin motifnya jauh lebih mempesona. Ketika membeli batik memang motif ini penting diperhatikan dengan seksama karena nantinya ketika dipakai bisa memberi kesan kurang sesuai atau malah sebaliknya.

4 Tips Memilih Motif Batik untuk Bebas Kesan Kurang Sesuai

Memilih Motif Pada Batik Agar Tak Keliru

Jadi sekali lagi jangan asal memilih batik dan meskipun modelnya kekinian kalau motifnya kurang pas, jadinya kurang sesuai juga. Bagaimana cara menghindarinya? Berikut beberapa tips untuk disimak:

  • Temukan motif yang membuat Anda menyukainya,

Pada saat belanja baju batik dijamin Anda akan menjumpai banyak pilihan dan tidak hanya sebatas model melainkan juga motifnya. Pada saat memilih akan lebih nyaman dan pas jika mencari motif yang sekali lirik sudah membuat Anda susah berpaling. Sebab terbukti orang yang menyukai motif pada baju batik yang dipakainya lebih percaya diri dan terlihat maksimal.

  • Sesuaikan dengan tema acara yang didatangi,

Semua orang tentu mengaku kalau belanja batik biasanya dilakukan sebagai persiapan menghadiri sebuah undangan. Mayoritas adalah undangan resmi meskipun sekarang banyak juga orang yang membelinya sekedar untuk menambah koleksi dan dipakai dalam berbagai kesempatan. Nah, khusus pembelian batik untuk acara formal cobalah mencari motif batik yang sesuai dengan acara tersebut. Misalnya kalau mau tampil elegan motif batik besar-besar misalnya burung merak akan membuat gaya busana Anda elegan.

  • Motif bergaya etnik bisa dipertimbangkan,

Kalau takut terlihat tua dengan penggunaan batik yang motifnya sangat tradisional dan orisinal, cobalah sensasi lain dengan motif etnik. Dewasa ini banyak sekali perancang busana yang mencoba menawarkan batik dengan motif yang lebih berkarakter dan modern. Banyak diantaranya menyediakan motif etnik yang memang tampil lebih unik dan ketika dikenakan anak muda justru terlihat lebih modern. Jadi, kalau Anda mau tampil perfect dengan batik dan jauh dari kata kurang sesuai bisa mempertimbangkan motif etnik.

Baca Juga Berbagai Motif Batik yang Pas untuk Kemeja Batik Formal

  • Tidak harus full motif khas batik,

Biasanya Anda menjumpai baju batik dengan motif yang full dari kerah sampai ujung bagian bawah atau tidak? Tentunya jawaban yang diberikan akan beragam, dan untuk mendapatkan kesan modern serta bebas dari unsur kurang sesuai. Cobalah mencari baju batik yang modelnya kombinasi jadi tidak utuh kain batik semua namun dicampur dengan kain lain yang polos. Misalnya dikombinasikan dengan kain katun di beberapa bagian sehingga motif batik yang terlihat semakin menawan dan tidak berlebihan, memakainya pun terasa nyaman.