Orangtua muslim tentu menghendaki putrinya menjadi anak yang solehah dengan mengenakan hijab, dan bisa diperkenalkan sejak dini. Apalagi saat ini sudah cukup banyak produsen kerudung anak yang menyediakan kebutuhan hijab bagi buah hati Anda. Cukup memilih yang sesuai dan enak dipakai si kecil maka anak Anda sudah mengenal hijab dengan baik meskipun belum pintar bicara. Orangtua yang ingin anak perempuannya taat pada agama dengan berhijab memang baiknya memperkenalkan kewajiban tersebut sejak dini.

4 Trik Tepat untuk Membiasakan Si Kecil Memakai Kerudung Anak

Trik Agar Anak Mau Berhijab Sejak Kecil

Akan tetapi ternyata tidaklah mudah sebagaimana pengakuan para orangtua, sehingga ketahui trik mengenalkan hijab tersebut pada anak agar mudah diterima. Beberapa trik berikut bisa dicoba untuk diaplikasikan:

  • Pilih yang nyaman dan modelnya lucu,

Supaya si kecil tidak menolak di pakaikan hijab setiap kali keluar rumah maka penting untuk menyediakan hijab yang nyaman. Kalau terasa panas dan kasar dijamin anak rewel dan kapok memakainya, sehingga berontak. Solusinya adalah teliti memilih hijab untuk anak karena kenyamanan membuat mereka betah memakainya dan jangan lupa pilih yang modelnya lucu. Supaya si kecil tertarik untuk memakainya seharian penuh.

  • Kenalkan hijab ketika masih bayi,

Memiliki anak perempuan memang memberikan teguran bagi Anda untuk senantiasa memberikan pondasi agama sejak dini. Termasuk memperkenalkan kerudung anak yang membantu mereka mengenal hijab sejak masih kecil. Usahakan sudah memperkenalkan kerudung ini sejak masih bayi sehingga perlahan menjadi terbiasa untuk memakainya. Pasalnya kalau diperkenalkan saat anak sudah mulai dewasa, katakanlah sejak masuk sekolah pertamanya tentu ada resiko ditolak sebab anak sudah mulai bandel dan pintar menolak.

  • Berikan contoh yang baik,

Mengajak anak berhijrah menutup aurat sejak dini akan lebih mudah apabila ibunya pun melakukan hal yang sama. Sebab anak-anak kali pertama mengenal guru adalah orangtuanya sendiri, sehingga seperti apa orangtuanya maka seperti itu pula anak-anaknya. Supaya si kecil tertarik dan mau berhijab maka ibu pun baiknya ikut berhijab pula, dan lebih baik lagi jika memberikan contoh berhijab yang baik. Asalkan orangtuanya berhijab maka dijamin anak akan mengikuti tindakan tersebut, dan tanpa disuruh pun anak akan memintanya sendiri.

Baca juga Cara Cerdas Memilih Baju Muslim dan Kerudung Anak

  • Berikan cerita motivasi untuk berhijab,

Sering menceritakan kisah tentang hijab tentu akan memberikan motivasi agar si kecil gemar memakainya juga. Cobalah bercerita mengenai keutamaan hijab tersebut pada perempuan muslim, dan pahala yang didapatkan oleh pelakunya. Kemudian berikan cerita mengenai tokoh yang sukses dan menginspirasi muslimah di dunia untuk terus istiqomah berhijab. Mulailah bercerita dari para istri Nabi, kemudian berlanjut ke tokoh masa kini yang tetap berprestasi meski berhijab. Dukungan dan motivasi Anda akan membuat anak terbiasa memakai kerudung anak yang disediakan.