Para pria untuk beberapa acara tentunya akan memakai jas pria yang sudah disiapkan jauh-jauh hari, salah satunya saat menjadi mempelai pengantin. Saat menikah pemakaian jas ini seolah menjadi kewajiban meski tidak ada aturan tertulis untuk mewajibkan mempelai pria memakainya. Selain saat menikah jas ini juga dikenakan di berbagai kesempatan lainnya, mulai dari kegiatan kantor sampai aneka jenis pesta yang didatangi. Rupanya untuk terlihat mewah dan elegan saat memakai jas tidak melulu harus membelinya dari butik ternama dengan harga selangit.

4 Trik yang Bisa Anda Terapkan Agar Mendapatkan Jas Pria Terbaik

Trik Memilih Jas Terbaik

Asalkan ukurannya pas meski harga jas tersebut murah dipastikan membuat penampilan lebih maksimal. Jadi, bagi yang mencari jas terbaik namun tidak mencekik kantong berikut trik menentukan pilihannya:

  • Pastikan bahunya pas,

Jas mahal namun ukuran bahunya terlalu lebar tentu membuat penampilan terkesan buruk dan tidak rapi. Maka perhatikan ukuran dari bahu jas yang akan dibeli dan pastikan memang pas di badan Anda. Kemudian hindari jas dengan ganjalan bahu atau shoulder pad karena sudah dianggap ketinggalan zaman. Asalkan ukuran bahunya pas di badan dijamin penampilan Anda akan mencuri perhatian.

Baca juga: Tips Padu Padan Jas Pria untuk Tampil Stylish dan Casual

  • Teliti memperhatikan bentuk kerahnya,

Kerah pada jas pria biasanya akan menentukan karakter jas itu sendiri apakah cocok di badan atau sebaliknya. Secara umum jas yang berkualitas dan bagus dipakai memiliki desain kerah yang kurus dan idealnya berukuran dua inchi untuk bagian terlebarnya. Jika terlalu lebar maka kesannya akan aneh begitupun saat kerah ini menjadi terlalu kecil. Maka konsultasikan dengan penjahitnya agar ukuran kerahnya pas untuk menjadikan penampilan lebih maksimal.

  • Pilih jas dengan dua kancing saja,

Saat membeli jas baiknya ke jasa penjahit baik di tengah pasar maupun di penjahit rumahan karena bisa lebih sesuai. Tentunya harganya juga lebih ekonomis ketimbang masuk ke butik terkenal padahal bisa jadi ukurannya tidak sesuai. Saat memesan jas baiknya pastikan hanya mendapatkan jas dengan dua kancing saja tidak lebih. Posisinya adalah satu kancing di dekat perut dan satunya di bawahnya dengan posisi dekat ikat pinggang. Saat dipakai akan memberi kesan ramping dan demi kesan berkelas biarkan kancing paling bawah terbuka.

  • Memperhatikan ukuran lengan,

Umumnya jas di pasaran memang memiliki lengan yang sengaja dibuat lebar dengan tujuan lebih mudah dan nyaman saat dipakai. Namun untuk mendapatkan penampilan yang rapi dan berkelas Anda bisa mengecilkan ukuran lengan tersebut. Pasalnya ketika ukuran lengan ini pas di badan maka biasanya akan terlihat rapi maksimal sehingga lebih menarik untuk dipandang. Soal panjang pendeknya lengan bisa dipaskan dengan pergelangan tangan, sehingga tanpa biaya berlebihan Anda sudah mendapatkan jas pria terbaik.