Untuk menunjang tampilan ke kantor atau menghadiri sebuah acara formal, memang tidak bisa dipungkiri jika seandainya pria lebih senang memadu padankan tampilannya dengan menggunakan jas, jas pria ini banyak dijual di pasaran juga dalam berbagai bentuk pilihan model yang dapat disesuaikan dengan selera Anda. Jika berbicara mengenai harganya sendiri sebenarnya juga beragam, kisaran ratusan ribu rupiah sampai dengan jutaan rupiah juga ada, tergantung dari merk yang dibeli.

5 Aturan Penting yang Harus Dipahami dalam Memakai Jas Pria Agar Tak Salah Gaya

Banyak mungkin diantara Anda yang juga gemar mengoleksinya, karena ada tuntutan dari pekerjaan, contohnya dipakai untuk bertemu dengan klien atau memang memiliki pekerjaan sebagai front office, sehingga mengharuskan untuk tampil selalu rapi dan formal, namun sebelumnya juga harus tau mengenai aturan dalam pakai jas pria ini agar tak sampai salah. Mengingat sejauh ini tak bisa dipungkiri jika seandainya sebagian banyak masyarakat memakai menggunakan jasnya kurang tepat atau salah, diantaranya adalah:

  1. Pakailah dalaman terlebih dahulu, untuk menunjang tampilan lebih formal maka dianjurkan untuk memakai sebuah kemeja yang berkerah, karena dengan inilah nantinya look akan tampak begitu rapi, dengan adanya kemeja atau dalaman ini agaknya juga membantu di dalam mengoptimalkan penyerapan keringat, sehingga nantinya jas tak tampak basah di beberapa bagian, apalagi untuk mereka yang memang banyak memproduksi keringat.
  2. Celana yang dipakai juga harus jenis celana bahan atau kain, sedangkan untuk ukuran panjang dari celana tersebut harus jatuh tepat di atas bagian sepatu, hindari menggunakan yang ukurannya terlalu pendek atau terlalu panjang melebihi bagian yang sudah ditentukan, karena hal ini hanya akan merusak penampilan formal Anda.
  3. Gunakan dasi yang panjangnya hanya sampai bagian pinggang atau lebih pendek dari itu, asalkan sudah tertutup dengan bagian jas, sedangkan untuk lebarnya sendiri harus sesuai dengan bagian kerah kemeja tersebut. Pilihan warna dasi hendaknya juga harus lebih gelap jika dibandingkan dengan warna jas yang digunakan.
  4. Gunakan jas yang panjangnya mencapai resleting celana, yaitu bisa menutup resleting celana tersebut secara keseluruhan, hindari menggunakan yang ukurannya terlalu panjang atau sebaliknya memiliki ukuran yang terlalu pendek.
  5. Aturan dalam mengancingkan jas, untuk Anda yang mengenakan rompi, sebaiknya hanya mengaitkan kancing bagian atas saja jika ada 2 buah kancing, sedangkan yang satunya dibiarkan terbuka. Sedangkan jika ada 3 buah kancing, maka untuk kancing tengah wajib selalu dikancingkan, sedangkan yang bawah tidak, bagian atas opsional, artinya bisa dikancingkan maupun tidak.

Baca juga: Tips Memadukan Longline Bagi Kaum Pria

Pahami aturan memakai jas pria ini agar tak sampai salah gaya. Pastikan juga padu padan antara warna kemeja dengan jas secara tepat, agar tidak tampak aneh ketika dilihat.