Kebaya adalah merupakan pakaian tradisional Indonesia yang mempunyai beragam model seiring perkembangan zaman. Bagi para hijaber, menggunakan kebaya bukan lagi suatu halangan, karena banyak model yang ramah dengan hijaber yaitu model kebaya lengan Panjang disertai ukuran panjang sampai ke bagian bawah pinggang ataupun bisa dikreasikan dengan model lainnya. Inspirasi kebaya muslimah ini akan memudahkan bagi sebagian besar muslimah dalam merancang model kebaya yang akan dipakainya.

Kebaya modern yang telah berkembang dengan berbagai model juga bisa menjadikan inspirasi muslimah dalam desain kebaya muslim. Berikut beberapa model kebaya muslim yang bisa kamu pakai :

  1. Kebaya Asimetris

Kebaya modern jenis ini sebenarnya merupakan adopsi dari kebaya model peplum. Kebaya model asimetris ini mempunyai ciri khas dengan desain layer di bagian belakang. Kamu juga bisa membentuk model kebaya asimetris ini dengan model slim fit agar terlihat lebih menawan. Untuk bawahan kebaya asimetris, pilihan batik lurik akan cocok melengkapi perpaduan model kebaya moden. Kebaya asimetris ini juga cocok untuk dipakai ke acara penikahan, pesta dan wisuda.

 

  1. Kebaya Simpul

Bagi hijaber, kebaya model simpul ini akan manis untuk dipakai. Walaupun belum terlalu ngetrend, namun model kebaya simpul bisa kamu jadikan alternatif untuk ke acara formal dan semi formal. Untuk menggunakan kebaya jenis ini, kamu bisa menggunakan jilbab segiempat dengan ikat belakang agar model simpul dari kebaya bisa terlihat. Untuk bagian bawahnya, kamu bisa menggunakan kain tenun ataupun kain batik.

 

  1. Kebaya Brokat Modern

Kain brokat memang cocok untuk sebagian besar model pakaian, apalagi disandingkan dengan kebaya. Untuk kegiatan pesta ataupun pernikahan, desain kebaya muslim ini bisa menjadi salah satu rekomendasi. Perpaduan antara kebaya dan brokat akan menambah kesan elegan pemakainya. Untuk hijaber, sebaiknya menggunakan furing ketika membuat kebaya model brokat ini. Pemilihan warna furing dan brokat juga kurang lebih sama, jangan sampai warnanya tabrakan. Produk jadi kebaya brokat juga sudah banyak tersedia di butik dan supermarket atau kamu bisa membuatnya sendiri dengan memilih model brokat dan juga model kebaya yang akan kamu buat. Agar jenis kebaya ini lebih terlihat modern dan bergaya, kamu bisa menggunakan bawahan batik atau rok dengan kain polos dengan model pencil. selamat mencoba.

  1. Kebaya Cape Robe

Model kebaya cape sendiri sudah banyak diminati oleh kebanyak wanita. Model kebaya cape ini didesain dengan menutupi bagian bahu dan juga sebagian depan kebaya. Beda dengan kebaya cape robe, model kebaya ini lebih berkonsep dengan model jubah yang menjuntai elegan. Model kebaya robe ini cocok untuk menghadiri acara pesta atau acara di kampus, seperti sumpah dokter dan lainnya. Untuk pemilihan model jilbab, kamu bisa menggunakan cara simpel yaitu mengikat ke belakang hijab segiempat agar model kebaya lebih terlihat atau juga bisa menggunakan jilbab organza warna yang senada dengan kebaya cape robenya

 

  1. Kebaya Dress

Agar penampilan ke pesta dan wisuda semakin terkesan, kamu bisa memakai kebaya dress. Kamu bisa mendesainnya dengan model long dress. Namun model kebaya hanya sampai bagian badan saja. Agar penampilan semakin elegan, kamu bisa menambahkan kain brokat sebayai outernya yang menjuntai ke bawah.

 

Kamu bisa tetap melestarikan pakaian tradisional dengan model dan desain terbaru. So, jangan berhenti untuk menggunakan pakaian tradisional Indonesia ya.