Beberapa item fashion dengan bahan denim memang paling digemari oleh anak muda, diantaranya adalah celana dan juga jaket jeans, karena memang bahan yang satu ini memberikan kesan tampilan yang casual. Tak hanya itu bahan denim juga terbilang cukup tebal jika dibandingkan dengan jenis kain yang lainnya, sehingga bisa tahan lama ketika digunakan untuk waktu yang lama. Mudah memadupadankannya dengan menggunakan item fashion yang lainnya.

5 Langkah Mudah Mencuci Jaket Jeans untuk Jaga Warna Tetap Terlihat Baru

Namun memang tak bisa dipungkiri jika seandainya jaket jeans ini juga agak sulit dirawat, selain karena memang bahannya yang tebal dan cukup berat, nyatanya dengan sering mencucinya juga membuat warna kian mudah memudar, sehingga tampak jauh lebih kusam dari warna aslinya, untuk menghindari hal tersebut, agaknya harus tau bagaimana cara pencucian yang tepat, sehingga warnanya tetap cemerlang seperti baru, meskipun dipakai untuk waktu yang lama, yaitu:

  1. Pisahkan ketika ingin mencucinya dengan busana yang lainnya, ingat bahwa bahan denim ini memang dirancang lebih tebal, sehingga tak seperti busana lain dimana kotoran mudah luntur, maka untuk bahan yang satu ini agak sulit dihilangkan, sehingga harus dicuci secara terpisah, paling tidak juga berguna untuk menghindari kemungkinan bahan tersebut nantinya akan luntur dan mengenai pakaian yang lainnya.
  2. Rendam terlebih dahulu menggunakan air hangat ketika mencucinya, suhu air sangat mempengaruhi efektifitas dalam menghilangkan kotoran yang menempel, untuk itu sebaiknya gunakan air hangat ketika merendamnya, tak perlu direndam dengan detergen, karena takutnya nanti warna jadi semakin mudah luntur dengan perendaman menggunakan bahan kimia, cukup memakai air hangat ini saja sudah mampu hilangkan kotoran.
  3. Cuci dengan sikat yang lembut, perhatikan juga jenis sikat yang dipakai dalam membersihkan jaket tersebut, hendaknya hindari menggunakan sikat yang memiliki bulu-bulu kasar atau keras, karena hanya akan membuat permukaannya mudah terkikis, sebaliknya lebih aman pakai sikat yang permukaan teksturnya lembut, tetap efektif membersihkan kotoran namun tak mengikis warna.
  4. Pilih detergen yang tepat, jangan asal pakai detergen, apalagi detergen dengan warna putih dengan fungsi memutihkan pakaian, paling aman pakai detergen cair dibandingkan dengan serbuk, jenis detergen liquid nyatanya memang jauh lebih ampuh dalam mengangkat noda dibandingkan dengan yang serbuk, juga tak meninggalkan bercak-bercak putih setelah kering.
  5. Hindari untuk menjemurnya di bawah sinar matahari secara langsung, lebih aman menjemur di tempat yang sejuk, sehingga nantinya warna tetap terjaga, begitu juga ketika ingin menyetrika, maka bisa melapisinya menggunakan kain tipis terlebih dahulu.

Baca juga Cara Menghilangkan Noda pada Jaket Jeans Secara Aman

Itulah cara mudah dalam menjaga warna jaket jeans agar tetap terlihat baru meskipun sudah dipakai untuk waktu yang lama.