Batik pada dasarnya memang menjadi busana khas Indonesia yang sudah mendunia, produk kain yang satu ini bahkan tak hanya bisa dijumpai di dalam negeri saja, melainkan juga banyak dijual di luar negeri, juga sudah dikombinasikan dalam berbagai macam busana untuk peragaan yang kelasnya internasional. Sebagai busana khas Indonesia pastinya Anda sendiri juga banyak mengoleksinya di rumah bukan, mengingat sangat penting untuk ikut serta dalam melestarikan keberadaannya.

 5 Macam Motif Batik Indonesia Ini Ternyata Sudah Mendunia

Paling tidak beberapa acara penting sangat cocok mengkombinasikan busana yang dikenakan dengan kain tradisional ini, misalnya adalah untuk kondangan, kemudian juga wisuda hingga acara seperti pernikahan. Berbicara mengenai motif yang ditawarkan sendiri juga begitu banyak, mengingat pada dasarnya setiap daerah memiliki motif khasnya masing-masing, namun dari sekian banyak motif batik yang ada, maka berikut ini diantaranya yang begitu populer bahkan sudah sangat mendunia, diantaranya adalah: 

  1. Sogan adalah motif khas yang memiliki warna dasar coklat, warna ini didapatkan dari proses pewarnaan alami yang menggunakan barang kayu bohon soga, motif yang satu ini sering kali dijadikan sebagai pakaian untuk acara pernikahan sehingga begitu dikenal di Indonesia, bahkan untuk turis-turis yang datang. Ini adalah produk khusus buatan dari Jawa Tengah yaitu Jogja.
  2. Motif tujuh rupa, sesuai dengan namanya motif ini memang memadukan 7 warna yang diidentikkan sebagai kekayaan dasar dari bangsa Indonesia, dengan warna utama yang mendominasi adalah hitam, sehingga memungkinkan Anda untuk lebih mudah memadukannya dengan warna busana yang lainnya. Ini adalah produk khas Pekalongan yang sudah sering go internasional.
  3. Mega mendung, pastinya banyak yang sudah tak asing dengan nama yang satu ini, mega mendung artinya adalah awan, memiliki warna dasar biru dengan gambar awan yang berjejeran, memberikan kesan yang begitu tentram ketika melihatnya, ini adalah motif khas yang berasal dari Cirebon.
  4. Kawung, motif yang sangat klasik dan banyak disukai oleh orang dewasa, kawung ini memiliki tampilan atau gambar bunga teratai dengan perpaduan warna coklat, artinya adalah kehidupan yang suci dan juga umur yang panjang, sehingga banyak yang menggunakannya di acara-acara khusus, motif ini berasal dari Jawa Tengah.
  5. Motif parang, motif parang ini melambangkan sebuah kerja keras, memiliki 2 kombinasi warna diantaranya adalah putih dan juga warna coklat, zaman dahulu hanya raja dan juga kalangan bangsawan yang derajatnya tinggi boleh memakai motif parang ini, namun sekarang sudah tidak, semua orang bebas menggunakannya.

Baca juga: 4 Tips Memilih Motif Batik untuk Bebas Kesan Kurang Sesuai

5 motif batik tersebut memang jadi yang paling terkenal sampai ke luar negeri, namun bukan berarti yang lainnya tidak, karena masih banyak lagi diantaranya yang memiliki tampilan tak kalah cantik dan unik.