Jika berbicara mengenai pakaian tradisional, tentunya Indonesia adalah juaranya. Hal ini disebabkan negara Indonesia membawa banyak suku bangsa dan masing-masing mempunyai tradisi dan budaya yang berbeda-beda. Sehingga tidak heran bila pada setiap provinsi yang ada di negara Indonesia mempunyai banyak baju adat yang sering kali dikenakan pada saat acara-acara tertentu, termasuk pada saat acara pernikahan.

5 Pakaian Baju Adat Indonesia yang Terlihat Paling Unik

Pakaian adat memiliki keunikan tersendiri, baik dari segi tampilan pakaiannya maupun dari segi sejarahnya. Ada 5 jenis pakaian adat yang dianggap sebagai pakaian yang paling unik di Indonesia. dari segi keunikan inilah yang sering kali mengundang rasa keingintahuan para masyarakat luar untuk bisa mengintip rahasia keunikan pakaian adat disetiap masing-masing provinsi. jika Anda penasaran, langsung saja simak ulasan dibawah ini.

Berikut ini 5 jenis pakaian adat yang memberikan tampilan unik, yaitu:

  • Pakaian adat Ulee Balang Nangroe Aceh Darussalam.

Busana Ulee Balang hanya dikenakan oleh kalangan raja, keluarganya dan juga kalangan pemuka agama. Pakaian adat dilengkapi sulaman benang emas dari tutup kepalanya dan dilengkapi dengan aksesoris yang berbahan emas asli.

  • Pakaian Aesan Gede Sumatera Selatan.

Pakaian adat ini didominasi dengan warna merah dilengkapi dengan benang emas tenunan kain songket dengan berwarna keemasan dan gemerlap dengan aksesoris berupa gelang gepeng, gelang sempuru dan gelang kano yang ada di tangan pengantin wanita, dan hiasan leher berupa kalung tapak jajo.

  • Baju adat Paes Ageng Yogyakarta.

Paes Ageng terdiri dari dodotan dan kain cinde itu sendiri. Kain dodot menggunakan motif semen raja dengan makna agar pengantin memiliki hidup yang mulia seperti raja, sedangkan motif cinde lambang penghormatan pada Dewi padi sebagai lambang kemakmuran.

  • Pakaian Adat Perang Kalimantan Barat.

Pakaian ini berbahan kulit kayu ampuro/kapuo yang memiliki aksesoris ikat kepala dengan hiasan bulu burung enggang.

  • Pakaian Adat Bodo dari Sulawesi Selatan.

Warna jingga untuk wanita 10 tahun, warna merah untuk wanita 10-14 tahun, warna putih untuk dukun dan inang, warna ungu untuk janda, warna merah darah untuk 17-25, dan warna hijau untuk puteri bangsawan.

Dari ke5 pakaian adat yang ada di atas tentunya memiliki keunikan tersendiri dan memiliki sejarah yang tidaklah sama, sehingga untuk Anda yang belum mengetahui sejarah dan nilai keunikan yang dimiliki ke 5 provinsi yang ada di atas, maka dapat menambah wawasan Anda agar bisa mengetahui beberapa pakaian adat yang memiliki tampilan unik.

Baca juga Percayakah Anda Tentang Mitos Baju Pengantin Berikut Ini?

Sedangkan peran dari baju adat adalah hal yang sangat penting yang menunjukan identitas dari suatu provinsi yang ada di Indonesia. sehingga hal inilah yang menjadikan setiap provinsi memiliki ciri khas masing-masing yang berbeda yang mana hal ini ditunjukkan dengan pakaian adat yang dimilikinya, dengan begitu maka provinsi tersebut akan menjadi lebih dikenal.