Sepatu sebagai salah satu jenis kebutuhan sandang seseorang kini tentu menjadi salah satu pelengkap busana yang harus diperhatikan dalam berpenampilan. Selain model dan kualitas, hal yang tak kalah penting adalah cara perawatan sepatu itu sendiri. Hal ini dikarenakan kebersihan alas kaki ini sangat berpengaruh pada aroma sepatu dan awet tidaknya sepatu tersebut. Terlebih apabila sepatu tersebut merupakan sepatu kesayangan, pasti cepat rusak adalah hal yang sangat tidak diinginkan. Apabila kamu sudah mencoba merawat sepatu dengan menggunakan jasa pencucian sepatu, namun tidak mendapatkan hasil yang memuaskan, ataupun telah mencoba berbagai produk dan berbagai cara menghilangkan bau sepatu, namun tak berhasil, berikut adalah beberapa trik mudah yang dapat kamu coba sendiri di rumah untuk merawat kebersihan sepatu kesayanganmu!

  1. Menggunakan kantong teh

Tips atau cara menghilangkan bau sepatu yang pertama adalah menggunakan kantong teh. Adapun cara penggunaan kantong teh untuk menghilangkan penyebab bau sepatu ini adalah dengan menggunakan kantong teh celup bekas yang telah diseduh terlebih dahulu.

Caranya adalah dengan memasukkan kantong teh bekas seduhan tersebut ke dalam rongga sepatu. Zat antioksidan yang keluar dari dalam daun teh akan menyerap bau sepatu yang ada serta membunuh bakteri yang menjadi penyebab bau sepatu tak sedap tersebut. Selain ekonomis, tips ini termasuk cara yang mudah karena hanya perlu mendiamkan kantong teh celup tersebut selama satu hingga dua jam lalu kamu akan mendapatkan sepatu yang bebas bau. Pastikan sepatumu dikeringkan dulu ya sebelum dipakai!

  1. Menggunakan sarana lemari es

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan sarana lemari es. Tips yang kedua ini mungkin sedikit terdengar aneh, namun pada kenyataannya, udara dingin merupakan salah satu hal ampuh yang dapat menghilangkan bau tak sedap.

Adapun caranya adalah, masukkan sepatu yang ingin kamu hilangkan baunya setelah sebelumnya sepatu tersebut dibungkus dengan plastik terlebih dahulu. Diamkan selama kurang lebih sehari semalam lalu angin-anginkan sebentar sebelum pemakaian.

  1. Menggunakan cairan spiritus

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan spiritus. Ya, salah satu zat kimia yang biasanya ditemukan di laboratorium ini nyatanya juga dapat menjadi salah satu cara ampuh untuk menghilangkan bau sepatu. Hal ini dikarenakan cairan spiritus dapat mematikan bakteri penyebab bau yang ada dalam sepatu. Adapun caranya adalah gunakan cairan spiritus untuk mencuci sepatu lalu bilas dengan air bersih.

  1. Menggunakan kaos kaki

Tips berikutnya untuk mencegah bau sepatu adalah dengan menggunakan kaos kaki. Apabila kamu tak ingin bau sepatumu cepat datang, tips menggunakan kaos kaki ini harus sering dilakukan. Hal ini dikarenakan kaos kaki dapat menghambat penyebaran keringat dan bakteri yang ada kulit ke dalam sepatu, di mana hal tersebut menjadi penyebab utama bau sepatu. Jadi jangan malas-malas memakai kaos kaki ya!

  1. Menggunakan air mendidih dicampur dengan sedikit pemutih

Tips berikutnya adalah dengan mencuci sepatu menggunakan air mendidih dicampur dengan sedikit pemutih. Caranya yakni didihkan air dan tuangkan air tersebut ke dalam sepatu lalu teteskan sedikit pemutih ke dalamnya. Air mendidih dikenal dapat membunuh bakteri penyebab bau dan pemutih dapat membantumu agar tak kehilangan warna dan tekstur sepatu asli saat dilakukan perawatan. Apabila campuran tersebut sudah dingin, keluarkan dari dalam sepatu lalu bilas sepatu seperti biasa.