Mendengar kata pernikahan, tentunya hal yang lumrah yang akan dipikirkan dan bahkan dilaksanakan bagi sepasang insan yang sudah siap untuk menjalani kehidupan rumah tangga. Tak perlu dipungkiri juga bahwa manusia memang sejatinya diciptakan untuk berpasang-pasangan. Di samping adanya perjanjian sakral berupa pernikahan tersebut, adanya adat dan tradisi dari masing masing daerah khususnya Indonesia juga memiliki keberagamannya. Mulai dari tahapan prosesinya, penentuan mahar dan seserahan, hingga pada model gaun pengantin yang akan dikenakannya nanti.

Untuk itulah, setiap pasangan yang akan menuju ke gerbang pernikahan harus pula ikut memikirkan kesiapan dari sisi fisik, mental, agama, finansial, dan juga pemikirannya.

Sebuah acara tentunya diharapkan akan memberikan kesan yang terbaik bagi tamu-tamu yang diundang. Apalagi dengan acara pernikahan. Pasalnya, bila dalam pelaksanaan acara tersebut tidak sesuai dengan yang diinginkan dan diharapkan maka akan menimbulkan rasa sedih secara psikologis khususnya bagi sang pengantin. Hal ini tentunya yang berusaha untuk dihindari.

Salah satu gaun pengantin yang paling dicari oleh para wanita indonesia adalah model gaun kebaya muslimah. Gaun kebaya muslimah ini memang merupakan perpaduan antara unsur budaya tradisional dengan unsur yang memang harus dilakukan sesuai syariat agama, yaitu dengan menggunakan penutup aurat pada gaun yang akan dikenakannya. Beberapa model kebaya pengantin muslimah elegan sudah kami rangkum dalam artikel ini.

Dahulu, memang selalu saat menggunakan kebaya biasanya akan dilengkapi dengan penggunaan sanggul. Di samping memang karena adanya faktor budaya, penggunaan sanggul dipercaya mampu membuat wanita lebih terlihat elegan dan berkelas. Namun, seiring berjalannya waktu, penggunaan kebaya tanpa dilengkapi dengan sanggul pada rambut sudah semakin banyak ditemui.

Termasuk bagi para wanita berhijab yang ingin menggunakan gaun kebaya, tetap dapat menggunakan hijab sebagai pelengkap layaknya fungsi sanggul pada pakaian tradisional. Dengan tetap adanya penambahan bunga melati contohnya sebagai aksesoris yang sama.

  1. Penggunaan model kebaya sebagai gaun pengantin muslimah ini didasari pula dengan adanya upaya untuk melestarikan budaya I Tidak harus melanggar syariat agama, namun tetap dapat melestarikan budaya, kan?

 

  1. Model kebaya pengantin muslimah elegan ini cenderung lebih memasukkan nuansa unsur Jawa. Dengan adanya kain batik khas berwarna coklat dan kebaya panjang brokat, mampu membuat gaun pengantin Anda menjadi yang terbaik.

  1. Sejatinya, fitrah perempuan itu cantik. Apalagi yang terpancar dari seorang wanita yang baru saja menikah. Model baju pengantin kebaya muslimah berwarna biru muda dan kain batik ini tentu mampu membuat penampilan sederhana Anda semakin memukau.

  1. Dandanan kebaya adat Sunda ini juga cocok digunakan untuk muslimah berhijab, tanpa harus menggunakan make up yang berlebihan.

  1. Penggunaan kebaya model adat Betawi ini menarik digunakan untuk wanita berhijab tanpa harus meninggalkan budayanya. Adanya tirai penutup mempermanis penampilan akad atau resepsi nikah Anda.

  1. Bordiran yang terdapat dari atas hingga bawah mampu membuat Anda semakin tampil elegan. Walau dengan nuansa adat padang yang kental, Anda bisa tetap gunakan kebaya pengantin muslimah secara syar’i.

  1. Bila inginkan sentuhan yang lebih modern, model kebaya ini dapat menjadi inspirasi bagi Anda bila tidak terlalu mempermasalahkan adat yang ada.

  1. Nuansa putih yang tak lekang oleh waktu. penggunaan baju pengantin muslimah berwarna putih, cukup simple dan elegan. Yang dapat digunakan saat akad nikah maupun saat acara resepsi berlangsung. Tentunya Anda tidak harus repot untuk berganti busana bukan?

Semoga dengan adanya rangkuman di atas, mampu menambah inspirasi bagi Anda dalam menentukan gaun kebaya muslimah.

Terima kasih sudah berkunjung.