Selain sepatu heels kamu yang cantik itu, sepatu kulitmu yang mahal juga memerlukan perawatan yang ekstra, lho! Apalagi dalam merawat kebersihannya, kamu harus tahu betul bagaimana cara membersihkan sepatu kulit agar tidak rusak.

Untuk mengetahui cara membersihkan sepatu kulit yang benar, yuk simak cara-cara di bawah ini.

Selalu Bersihkan Sepatu Menggunakan Spons

Mencuci sepatu kulit tidak serumit yang dibayangkan. Kamu hanya perlu membersihkan bagian yang kotor dari sepatumu menggunakan spons atau sikat yang lembut. Sikat sepatu berlawanan arah dengan permukaan kulit sepatu. Jika sudah, kamu bisa mengelapnya menggunakan kain yang lembut. Untuk menjemurnya, cukup letakkan di tempat yang sejuk agar terkena angin segar dan tidak lembab.

Jika kotoran yang menempel pada sepatu sulit untuk dihilangkan, kamu bisa mencampur detergen dengan air, lalu menggosok sepatumu dengan menggunakan spons atau kain halus yang sudah dicelupkan ke air detergen yang tadi kamu buat. Usahakan busa yang dihasilkan campuran air dan detergen itu banyak, ya. Karena busa yang dihasilkan ini dapat membersihkan noda.

Apabila busa masih menempel pada sepatu, kamu bisa membersihkan busa tersebut menggunakan lap basah secara perlahan. Terakhir, kamu bisa menjemurnya di tempat sejuk.

 

Menyikat Sepatu dengan Sikat Lembut

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan sepatu adalah dengan menyikat sepatu menggunakan sikat yang lembut. Caranya mudah, gosokkan sikat lembut tersebut ke permukaan sepatu untuk membersihkan kotoran yang menempel. Gosok sepatu dengan cara menjalankan sikat secara menyeluruh di sepanjang sol dan jahitan sepatu. Yang harus kamu ingat adalah jangan menggosok sepatu terlalu keras karena hal tersebut hanya akan merusak kulit.

Selanjutnya, lepaskan tali sepatu. Jika terdapat tali di sepatu kulit kamu, lepaskan tali tersebut dengan lembut. Lalu, simpan tali di tempat yang aman, namun mudah untuk ditemukan. Tali sepatu yang dilepas ini mencegah agar talinya tidak kotor karena terkena produk pembersih dan semir sepatu. Jika tali sepatunya juga kotor, cucilah tali sepatu menggunakan tangan. Cukup dengan menguceknya dengan air detergen.

Langkah berikutnya, kamu bisa menyeka sepatumu dengan kain yang basah dan sedikit sabun. Caranya, celupkan kain ke dalam air, lalu peras. Lalu, teteskan sedikit sabun cair yang lembut pada kain. Gosokkan kain tersebut secara perlahan ke permukaan sepatu kulitmu.

Kemudian, seka kembali sepatumu menggunakan kain basah. Bersihkan sisa sabun dari sepatu kulitmu. Jika sudah bersih, keringkan sepatu dengan meletakkannya di ruangan yang sejuk. Jangan letakan sepatu di udara yang panas karena kulit sepatu bisa menjadi retak dan berubah warna.

Namun, apabila kamu sedang berada di luar rumah dan sepatumu terlihat kotor, kamu bisa membersihkan kotoran yang melekat di sepatumu tersebut dengan tisu bayi. Tisu bayi yang cukup lembut ini tidak akan merusak kulit sepatu. Kandungan pelembap dalam tisu bayi pun bisa digunakan sebagai kondisioner pada sepatu kulit, lho!

Jika sepatumu kotor karena noda yang berasal dari minyak dan lemak, kamu bisa menutupi noda tersebut menggunakan bedak. Bedak yang memiliki kemampuan untuk menyerap air dapat menyerap kotoran minyak yang menempel pada sepatu. Caranya, taburkan bedak dan ratakan ke permukaan sepatu yang terkena kotor minyak. Diamkan bedak menempel pada kulit selama 2 hingga 3 jam sampai minyak terserap dengan baik. Jika minyak sudah terserap, bersihkan bedak dengan hati-hati menggunakan sikat yang lembut.

Klik Disini untuk mengetahui tren sepatu masa kini yang wajib kamu miliki!

 

 

Sumber gambar: hipwee.com