Ladies, kamu pernah menggunakan kebaya saat acara apa saja? Paling tidak saat peringatan hari Kartini atau saat wisuda bukan? Atau bahkan saat hadir di acara acara tertentu seperti undangan pernikahan misalnya. Bukan hanya kebaya yang penggunaannya dengan punggung terbuka, kebaya wisuda hijab saat ini juga menjadi trend loh.

Kebaya sendiri merupakan busana tradisional perempuan Indonesia. Hingga banyak yang menganggap bahwa tak ada perempuan yang tak cantik saat mengenakan kebaya. Dalam perkembangannya seperti saat ini, variasi dan model kebaya sudah banyak dan tentunya sangat aplikatif untuk digunakan di berbagai acara yang ada.

Sekitar pada tahun tahun 1990 hingga 2000-an, wanita di Indonesia mungkin mengenakan kebaya saat akan tampil di acara Kartini atau saat prosesi wisuda saja. Dan semakin ke sini kebaya sudah banyak digunakan untuk berbagai acara formal, bahkan untuk menghadiri undangan pernikahan pun sudah banyak yang mengenakan kebaya, hingga prosesi wisuda sekolah maupun perguruan tinggi kadang harus mengenakan kebaya, baik yang tak berhijab maupun kebaya untuk yang berhijab (https://review.bukalapak.com/fashion/5-model-kebaya-hijab-untuk-wisuda-yang-anggun-6963)

Kebaya tak hanya memperlihatkan keanggunan perempuan Indonesia saja, tetapi sesungguhnya kebaya juga memiliki nilai filosfis yang tinggi. Seperti sebagai simbol yang mencerminkan adanya kekuatan dan sisi feminisme perempuan, yang sebetulnya merupakan simbol perlawanan terhadap adanya arus globalisasi yang ada. Akan semakin modern katanya jika mengenakan baju yang memiliki model kebaratan. Banyak serangan busana modern luar negeri yang dapat masuk sehingga sedikit demi sedikit mampu mengikis cara berpakaian dan mode perempuan Indonesia. Untuk itulah kebaya hadir untuk dapat memegang teguh identitas bangsa ini.

Memang jika dibandingkan dengan 100 tahun silam, penggunaan kebaya hanya identik dengan kaum bangsawan saja. Para permaisuri kerajaan, selir selir, dan anak anak raja lah yang hanya boleh mengenakan kebaya. Tentunya larangan itu sudah tak ada lagi di tahun dan generasi yang modern ini. Malahan pada modelnya yang terkesan sederhana, namun elegan tersebut tak menarik hari para perempuan kekinian.

Kebaya yang merupakan busana nasional Indonesia, mampu menyihir para perempuan Indonesia untuk tetap tampil cantik dengan kebaya. Kebaya juga mulai digemari oleh perempuan yang ingin terlihat mempesona. Karena lewat sentuhan setelan kebaya dan kain bawahannya yang khas berupa jarik, dapat juga menunjukkan karakter budaya bangsa Indonesia dengan tetap menjunjung tinggi nilai nilai kesopanan dan keanggunan ketika berpakaian. Apalagi saat berada pada acara formal, kebaya jadi penolong banget deh pokoknya buat digunakan.

Tak hanya untuk acara resmi saja, kebaya modern juga tampil banyak dan bervariasi saat berada di acara pesta pernikahan. Ketika kamu gunakan kebaya. tak hanya cantik saja yang didapat, namun kamu akan terlihat elegan dan stylish juga saat menghadiri pesta. Banyak  juga moderinisasi yang dilakukan, seperti adanya penambahan lekuk pada kebaya, kebaya yang dibuat sebagai gaun, hingga penambahan berupa aksesoris di dalam kainnya. Hingga semakin banyak pula perempuan yang akan bangga menggunakannya. Selain agar tampil cantik, alasan menggunakan kebaya sudah tentu karena dapat melestarikan budaya bangsa Indonesia.

Ladies, kalau kamu termasuk salah satunya yang menginginkan dalam menggunakan kebaya harus tetap tampil cantik, elegan, dan stylish, kamu bisa kok intip beberapa kumpulan model kebaya terbaru yang kami rangkum.

 

 

 

 

Itulah beberapa model kebaya terbaru dalam koleksi kami. Ingat pesan ini ya, kebaya tak hanya harus dilestarikan saja, namun juga harus digunakan dengan bangga. Karena dengan begitu semakin banyak orang yang akan melihat kecantikan dari kebaya itu sendiri.