Saat ini makin sering digaungkan gaya fashion yang sesuai dengan tuntunan syar’i. Gaya busana ini dikenal dengan sebutan hijab syar’i. Penggunaan kerudung syar’i pastinya sangat dianjurkan karena gaya ini memang yang seharusnya dikenakan. Di luar sana banyak sekali yang masih menganggap bahwa memakai hijab hanya sekedar untuk menutup kepala sehingga tak jarang masih banyak wanita yang menggunakan hijab dengan pasangan baju yang ketat atau tipis. Lalu sebenarnya bagaimana sebenarnya cara memakai hijab yang sesuai dengan tuntunan islam.

Bagaimana Cara Memilih Hijab Syar’i yang Sesuai Syariat?

Menggunakan hijab yang menutup dada

Menggunakan kerudung yang tepat menurut tuntunan islam adalah dengan menggunakan kerudung yang menutup dada. Meskipun sekarang banyak sekali model atau tutorial hijab yang mungkin tidak menutup dada seutuhnya, tetapi disarankan saat memakai kerudung yang tidak menutup bagian dada gunakanlah baju yang longgar agar dada tidak terlalu menonjol. Tidak mengapa bagi pemula yang masih baru mengenakan hijab jika belum menutup dada seutuhnya, tetapi harus ingat pakailah baju yang longgar dan tidak terlalu ketat.

Menggunakan hijab yang tidak terlalu tipis

Memakai hijab bukan hanya disarankan untuk menutup dada, tetapi juga bahannya tidak terlalu tipis. Pilihlah hijab berbahan tebal sehingga saat dikenakan tidak memperlihatkan lekuk tubuh dan transparan. Percuma apabila telah memakai hijab yang menutup dada tetapi bahannya masih tembus pandang maka tidak sempurna dalam menutup auratnya.

Tidak menggelung rambut terlalu tinggi

Anggapan tersebut sering disebut dengan istilah punuk unta. Sebenarnya boleh bagi wanita jika ingin mengikat rambutnya saat memakai hijab mungkin karena agar tidak berantakan dan tidak panas saat menggunakan hijab. Namun yang harus perhatikan adalah gelungan rambut tidak boleh terlalu tinggi dan menonjol. Oleh sebab itu, saat menggunakan hijab, hindari menggelung rambut terlalu tinggi, gulung secukupnya saja.

Menggunakan Aksesoris secukupnya

Bagi setiap muslimah berhijab mungkin ada yang suka tampil polos atau ada yang lebih suka memakai aksesoris sebagai aksen pada busana yang dipakai. Saat memakai pakaian yang beraksesoris seharusnya pakailah hijab yang polos dan tidak bermotif. Sebaliknya, apabila Anda memakai busana yang polos boleh tambahkan aksesoris pada hijab yang Anda kenakan. Pakailah aksesoris yang cocok dan tidak usah berlebihan agar tidak menimbulkan kesan “too much”.

Memakai gamis yang longgar

Memakai hijab syar’i sangat pas saat dipadukan dengan gamis longgar yang panjang. Saat ini memang sudah banyak celana kulot yang sangat longgar atau modifikasi celana yang mirip seperti rok. Gaya busana tersebut dapat menjadi referensi Anda saat memakai hijab syar’i apabila bosan dengan busana gamis.

Baca juga Trend Fashion Hijab yang Banyak Diminati Wanita Remaja

Semoga berbagai macam tips di atas dapat membantu Anda untuk mengenakan hijab yang sesuai dengan syariat agama.