Memiliki bulu di wajah atau yang biasa dikenal dengan jenggot akan membuat pria merasa lebih keren. Namun bisa menjadi sebaliknya bila jenggot tersebut tidak rata. Untuk itu memerlukan alat cukur jenggot untuk merapihkannya. Memiliki cukuran jenggot akan membuat pria mana saja bisa merawat jenggot sendiri tanpa harus pergi ke salon. Yang terpenting adalah mengerti bagaimana cara potong rambut sendiri untuk pria.

Terlebih sekarang ini sudah ada alat canggih untuk cukur seperti alat cukur jenggot elektrik. Kalian hanya perlu membeli alat ini dengan ukuran yang bisa dipilih untuk ketipisan rambut atau jenggot yang kalian inginkan. Untuk memakainya saja kalian tidak perlu memiliki keahlian khusus, hanya saja dibutuhkan ketepatan dan kesabaran saat proses bercukur. Karena kuncinya adalah kalian tidak boleh terlalu terburu-buru untuk menyelesaikan proses bercukur itu sendiri.

Bagi kalian yang ingin bercukur sendiri, ada beberapa tips yang harus kalian ketahui agar hasil yang didapat tidak mengecewakan dan aman bagi wajah kalian.

  1. Membasuh Muka dengan Air Hangat

Sebelum melakukan proses bercukur, kalian harus membasuh muka dengan air hangat terlebih dahulu sebelumnya. Apalagi buat kalian yang telah seharian beraktivitas di luar. Air hangat akan membantu kalian dalam proses bercukur.

Fungsi air hangat sendiri untuk mengangkat kotoran yang ada di wajah seperti debu atau polusi. Selain itu air hangat juga mampu membuka pori-pori dan rambut atau janggut menjadi lembab dan kemungkinan akan mudah untuk dicukur nanti.

Lebih lanjut air hangat juga mampu membuat kulit wajah siap menerima gesekan benda tajam seperti alat cukur. Hal ini yang kemudian bisa menghindarkan kulit wajah dari iritasi.

  1. Persiapan Sebelum Bercukur

Cosmetic Surgery - No More Shaving For Life

Hal yang satu ini sepertinya menjadi hal yang jarang diperhatikan. Setelah membasuh muka dengan air hangat kalian harus mempersiapkan beberapa hal lainnya. Seperti tangan yang bersih, pelembab, dan krim cukur. Selain bersih, tangan yang digunakan untuk bercukur adalah tangan yang biasa dipakai untuk makan atau kegiatan sehari-hari lainnya. Sedangkan tangan lainnya berfungsi untuk memegang pelembab atau krim cukur. Apabila semuanya sudah siap maka kalian bisa ke proses selanjutnya, yaitu proses bercukur.

  1. Proses Bercukur

The biggest shaving mistake a man can make - Business Insider

Proses ini biasanya dimulai dari bagian sekitar kuping. Setelah itu baru bagian pipi dan diakhiri di bagian yang paling banyak memiliki bulu yaitu dagu. Agar proses bercukur ini aman, kalian harus selalu siap mengoleskan krim dan pelembab cukur tersebut. Ada baiknya untuk mengolesnya tidak memakai tangan langsung tetapi dengan menggunakan alat seperti sisir.

Untuk arah yang baik saat bercukur, kalian hanya perlu mengikuti arah tumbuhnya jenggot. Dengan demikian proses becukur akan lebih aman. Apabila yang dilakukan adalah arah sebaliknya, ditakutkan akan ada bulu yang tumbuh ke dalam. Setelah selesai bercukur kalian bilas dengan air bersih. Tujuan dari bilas ini adalah menutup pori-pori kulit wajah yang terbuka akibat proses bercukur tadi. Kalian boleh menggunakan handuk atau spons, namun jangan menyeka terlalu keras. Karena pori-pori yang harusnya tertutup malah semakin terbuka akibat terlalu keras digesek.

Sekian beberapa tips untuk kalian yang ingin merawat dan mencukur jenggot tanpa harus pergi ke salon. Dengan alat cukur yang tepat serta kesabaran dalam proses bercukur, kalian akan mendapatkan hasil yang menyerupai bahkan lebih baik dari salon. Jenggot yang bagus tentunya akan membuat pemiliknya lebih percaya diri. Oleh karena itu menumbuhkan jenggot merupakan langkah yang tepat buat kalian yang memiliki permasalahan terkait kepercayaan diri. Itulah cara potong rambut sendiri untuk pria, selamat mencoba.