Sepatu dengan hak datar ini, sangat digemari dikalangan wanita, karena selain desainnya yang simpel dan cantik, sepatu flat ini sangat nyaman digunakan. Sepatu flat tetap menjadi kegemaran para wanita karena pemakaiannya yang nyaman. Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam keseharian, pasti kita akan menemukan beberapa orang yang menggunakan sepatu flat, bahkan gambar gambar yang ada di majalah juga tidak lepas dari berbagai pilihan sepatu flat cantik yang sangat digemari ini. Sepatu flat juga mengurangi rasa sakit selama penggunaannya, karena haknya yang datar membuat anda tidak seperti menggunakan sepatu. Pemakaian sepatu flat umunya juga sangat sederhana dan jika memilih sepatu flat yang benar, kaki tidak akan gampang lembab hingga meninggalkan bau yang tidak diinginkan. Desain sepatu flat memungkinkan pemakainya untuk bergerak bebas tanpa harus takut mengalami cedera atau lecet di kaki. Alas kaki sangat pas untuk menjadi pilihan utama dalam menjalankan kegiatan sehari-hari.

Sepatu flat kini muncul dengan berbagai model dan bentuk. Sepatu yang nyaman digunakan ini memang terlihat kasual, namun sebenarnya dapat digunakan dalam segala bentuk acara seperti acara formal hingga acara kasual. Untuk yang ingin tampil formal, dapat memilih sepatu flat dengan ujung lancip. Bagi yang ingin tampil chic dan kasual, dapat menggunakan segala sepatu flat dengan berbagai motif yang lucu dimana terdapat gambar dan motif yang bisa dipadu padankan dengan warna pakaian anda saat itu. Motif yang ada pada alas kaki datar ini sangat beragam mulai dari polkadot, stripes, hingga bentuk gambar tertentu.

Sepatu flats mungkin terlihat lebih nyaman dibandingkan dengan killer heels. Namun, bukan berarti menggunakannya dalam waktu lama tidak memberikan efek samping. ahli ortopedi mengatakan bahwa sering mengenakan alas sepatu yang tipis berbahaya bagi kesehatan. Karena pada saat menggunakan flat shoes, otot-otot kaki, tendon (tulang belakang kaki bagian bawah) pembuluh darah dan sendi bagian kaki menanggung beban 3 kali lebih banyak. Hal ini dapat menyebabkan kram, nyeri otot dan sakit punggung, serta masalah lutut. Sol yang terlalu tipis pada flat shoes dapat menimbulkan plantar fasciitis, yaitu peradangan pada jaringan fibrosa tebal yang melintang dari tumit hingga jari kaki. Jaringan tersebut disebut plantar fascia dan berguna untuk menopang otot dan lengkungan telapak kaki serta menghubungkan tulang tumit ke jari-jari kaki. Jika terlalu meregang atau terlalu sering digunakan, permukaan plantar fascia bisa sobek hingga menyebabkan peradangan, nyeri, dan sulit berjalan.

Untuk menghindari bahaya menggunakan sepatu flat, sebaiknya anda perhatikan beberapa tips untuk memilih dan menggunakan sepatu flats berikut ini :

  1. Investasikan uang Anda pada flat shoes yang berkualitas. Jangan terlalu sering membeli flat shoes murah, tapi tidak dapat menyangga kaki Anda dengan benar. Mahal sedikit tidak apa-apa, yang penting kesehatan terjaga. Hindari juga membeli flat shoes dengan sol yang terlalu tipis.
  2. Jika sol flat shoes Anda terlalu tipis, berikan bantalan ekstra pada sol bagian dalam. Sekarang bantalan sol sudah banyak dijual di drugstore, convenience store, atau toko-toko sepatu kesayangan Anda.
  3. Jangan membeli flat shoes jika ukurannya terlalu sempit, karena ini dapat memicu ingrown toenails. Pastikan saat Anda memakainya, jari-jari kaki Anda tetap dapat bergerak di dalam sepatu Anda.
  4. Jika Anda tetap menginginkan sepatu dengan hak datar, belilah sepatu yang memiliki platform datar setinggi 2-3 cm. Atau pilihlah sepatu low-heel yang tidak kalah trendi.