Batik identik dengan pakaian formal, kadang ada situasi membutuhkan model baju batik yang terlihat lebih casual namun elegant. Batik modern kombinasi bisa jadi solusi bagi Anda yang ingin tampil lebih modern dengan baju batik.

Mendesain baju batik bukan perkara mudah namun juga tidak terlalu sulit. Sekarang sudah banyak contoh baju batik modern yang bisa Anda lihat di internet. Namun, hal yang penting jika ingin mendesain baju batik sendiri adalah mengetahui jenis-jenis kain yang cocok dipadukan dengan batik.

Karena kain batik memiliki motif yang padat jika disandingkan dengan motif yang juga padat malah memberi kesan terlalu ramai, sehingga fokus terhadap motif batiknya menjadi terbagi. Oleh sebab itu, jika ingin mengkombinasikan kain batik sebaiknya pilih busana yang warnanya polos. Agar aksen motifnya lebih menonjol.

Mengkombinasikan atau memadukan bahan batik dengan busana lain dengan karakter yang berbeda bisa menjadi ide kreatif untuk tampilan lebih modern. Kegiatan mengkombinasikan busana batik menjadi tantangan tersendiri dan dibutuhkan kreatifitas dan inovasi yang membuat tampilan busana terlihat lebih unik. Berikut ini tips mengkombinasikan baju batik modern dengan busana lain:

Kombinasi Klasik

Memadukan rok dengan atasan kain batik atau sebaliknya bagian rok-nya yang batik dan atasannya bahan lain merupakan perpaduan gaya batik klasik. Anda bisa mengimbangi atasan atau bawahan rok batik yang bercorak ramai dengan busana warna polos.

Warna aman untuk atasan adalah hitam, kream, putih, abu-abu dan warna netral lainnya. atau Anda bisa memilih warna yang sama dengan warna dominan yang terdapat pada batik. Misalnya jika batik yang Anda gunakan dominan warna merah, maka atasannya bisa menggunakan yang bernuansa merah lembut.

Blus Batik

Kombinasi berikutnya adalah menggunakan bluss batik bisa dijadikan busana untuk menghadiri acara-acara formal, contohnya: menghadiri seminar, bekerja di kantor dsb. Anda bisa memadukan blus dengan celana kain yang lebar atau rok panjang A-Line untuk penampilan yang lebih feminim

Aksesoris Pelengkap

Menggunakan batik modern kombinasi bisa ditambah aksen menarik dengan menggunakan aksesoris untuk pelengkap, misalnya: menggunakan kalung atau tambahkan syal batik jika menggunakan stelan atas polos yang dipadukan dengan rok batik. Padukan dengan sepatu high heels dan tas yang warnanya senada dengan busana yang Anda gunakan.

Batik memiliki corak yang unik dan menarik dengan perpaduan warna sehingga berpeluang untuk dipadu padan sesuka hati Anda. Menggunakan baju batik modern yang dikombinasikan menjadi solusi untuk Anda yang ingin tampil casual, fashionable dan anggun. Semoga artikel ini bisa dijadikan gambaran, khususnya bagi Anda yang sedang mencari referensi baju batik kombinasi. Selamat mencoba!