fashionarsis - model baju batikKalau dulu batik hanya diidentikan dengan pakaian model kebaya dan kebanyakan dikenakan oleh para orang tua, lain halnya dengan sekarang. Makna batik mengalami perluasan jenis dan pemakai. Banyak dari kalangan usia, bahkan anak kecil dan anak remaja yang menyukai model baju batik untuk mereka kenakan. Di tubuh terlihat sangat cocok dan elegan ketika menghadapi sebuah acara.

Apakah model baju batik hanya diperuntukkan ke acara pesta? Tentu saja tidak. Baju batik sudah menjelma dalam keseharian. Anda bisa menggunakan sehari-hari, ke sekolah, ke kantor, bahkan sekedar untuk berkumpul dengan teman. Karena keberadaannya yang membaur itulah, Anda menjadikan batik sebagai baju yang layak masuk ke dalam lemari baju yang sering Anda kenakan.

Baca Juga: Bermain Warna untuk Model Baju Batik Wanita

Untuk mengetahui jenis model batu batik pria dan wanita, berikut ada beberapa ulasannya yang mungkin bisa Anda masukkan daftar koleksi:

  • Kemeja batik

Baik pria maupun wanita tentu tidak asing dengan model baju jenis kemeja. Panjang lengan tangan bajunya ada yang panjang sampaing pergelangan tangan, ada yang sesiku, dan sebahu. Anda bisa melihat jenis model ini dikenakan anak-anak sekolah sebagai seragam atau kemeja untuk dikenakan ke kantor.

  • Tunik batik

Tunik sangat identik dengan baju wanita. Modelnya bisa beragam. Ada yang panjangnya menyentuh lutut dengan model langsung tanpa kancing depan. Ada yang lengannya model balon dan kalong. Ada yang memiliki aksen menjulur ke bawah, menyamping, atau menumpuk di bagian depan baju.

  • Blazer, cardigan, dan rompi batik

Biasanya yang memadukan jenis blazer, cardigan, dan rompi adalah wanita. Paduan yang bisa disandingkan dengan model jenis ini, segala macam jenis bahan yang melekat ke tubuh dengan warna polos. Sedangkan jenis baju polos tersebut bisa pendek, tunik, bahkan gamis.

  • Jaket batik

Jaket berbeda dengan blazer, cardigan, dan rompi karena jenis ini bisa dikenakan oleh pria juga. Malah lebih banyak pria yang mengenakan jenis jaket dibandingkan wanita. Untuk paduan jaket bahkan baju bermotif sekalipun bisa digunakan, karena sifat jaket menutup rapat bagian tubuh.

  • Gamis batik

Meskipun gamis lebih sering digunakan oleh wanita, tapi Anda pasti juga pernah melihat pria menggunakan gamis dengan warna polos. Kebanyakan warna yang dipilih para pria pemakai gamis itu adalah hitam atau putih dengan bentuk lurus dari atas ke bawah. Jadi tidak menutup kemungkinan kalau pria juga bisa menggunakan gamis batik dengan motif sesuai yang dikehendakinya.

Dari kelima jenis model baju batik di atas terdapat jenis couple yang biasa digunakan pria dan wanita berpasangan. Jenisnya sendiri ada yang paduan kemeja batik pria dengan tunik batik wanita atau kemeja batik pria dengan gamis batik wanita.