fashionarsis.com-model hijabMemilih jilbab yang tepat untuk dipadukan dengan pakaian yang dikenakan barangkali merupakan salah satu hal yang paling memakan waktu bagi sebagian perempuan. Ketika sudah menentukan pakaian yang akan dipilih, tidak jarang muslimah masih harus memutar otak untuk menentukan jilbab yang cocok dan sesuai, baik cocok dengan warna baju atau cocok dengan selera hati. Setiap muslimah selalu ingin tampil sempurna di setiap momen, sehingga pakaian muslimah harus dipadukan dengan jilbab yang pas pula. Jilbab atau hijab yang merupakan kain penutup kepala dan sudah menjadi identitas perempuan muslim ini memang kini fungsinya bukan sekadar untuk menutup aurat, melainkan juga untuk menunjang penampilan agar lebih bergaya. Tidak heran jika saat ini banyak bermunculan jilbab model terbaru dengan desain yang lebih modern. Berikut ini akan diulas mengenai berbagai jenis dan model hijab modern yang saat ini menjadi trend di kalangan muslimah perkotaan.

  • Jilbab Bergo

Jilbab bergo adalah jilbab jenis instan, yaitu jilbab yang cara pemakaiannya cukup dikurungkan. Bagian depan atau atas kening jelbab ini difasilitasi dengan cap yang kaku, yang bahannya berupa bantalan atau busa tipis untuk menopang bentuk hijab agar tidak perlu dilekuk atau dilipat lagi ketika menggunakannya. Jilbab bergo kini semakin dikembangkan dengan berbagai model, mulai dengan memberi aksen kerutan di bagian punuk atau leher belakang, atau dengan membuat aksen belahan dengan difasilitasi tali atau hiasan di bagian depannya. Tidak hanya aksen atau hiasan di punuk dan di bagian dada, tidak jarang di bagian atas kepala jilbab bergo difasilitasi dengan aksen bungan-bunga dari kain sehingga mempermanis tampilan hijab modern yang satu ini. Jilbab bergo lebih sering digunakan pada saat santai dan momen-momen tidak formal, dan bahkan dijadikan jilbab favorit untuk dikenakan di rumah.

Baca juga: 3 Merk Hijab Modern yang Cocok Bagi Anak Muda dan Wanita Dinamis

  • Jilbab Floral

Jika dahulu jilbab hanya berbentuk polos satu warna, seiring dengan perkembangan teknologi di bidang percetakan, kini muncul jilbab floral yang diproses dengan cara dicetak atau diprint, sehingga jilbab ini sering disebut jilbab floral printed. Istilah floral merujuk pada corak jilbab ini yang dibuat dengan desain bergambar daun-daunan atau buah-buahan yang merupakan jenis flora. Dengan mengandalkan metode printing yang canggih, corak pada jilbab ini anti luntur. Bahkan, corak gambar pada jilbab jenis ini dibuat timbul. Umumnya, jilbab floral dibuat dengan dua warna, warna dasar yang lebih muda dan warna corak yang lebih tua. Misalnya jika warna dasarnya adalah cokelat muda, maka warna coraknya biasanya dipilihkan warna cokelat yang lebih tua.

Selain jilbab bergo dan jilbab floral, masih ada beberapa jenis hijab modern lainnya seperti jilbab multi color dan jilbab Syiria. Jenis-jenis jilbab yang disebutkan di atas merupakan jilbab dengan style terbaru yang sedang digemari dan menjadi trend di kalangan muslimah yang tinggal di perkotaan.