Indonesia merupakan negara yang amat sangat kaya. Tak hanya dari sumber daya alam saja, namun kebudayaan Indonesia juga sangat kaya sehingga tak heran jika banyak sekali negara yang memuji Indonesia dengan kekayaannya dari segala segi. Salah satu warisan nusantara yang ada dari Indonesia adalah batik dimana sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia yang wajib dilestarikan. Tentu mendengar hal ini, maka seluruh bangsa Indonesia patut berbangga karena dunia memberikan apresiasi besar pada warisan nusantara.

Belajar Membuat Batik Akan Jadikan Anak Muda Kian Kreatif, Ayo Lakukan Sekarang Juga!

Dengan adanya penetapan dari UNESCO tersebut, maka tak heran jika kini seni membatik banyak sekali diminati. Tak hanya orang tua saja, namun anak muda pun juga sepatutnya belajar membatik sejak sekarang. Berikut ini beberapa alasan mengapa anak bangsa harus tahu cara membatik:

  • Cocok untuk yang suka dengan tantangan

Tantangan tak harus selalu dengan petualangan atau hal yang ekstrim. Anda juga bisa mendapatkan ilmu dan petualangan baru dengan cara mencoba hal baru misalnya dengan membatik ini. Perlu Anda tahu jika membatik tak semudah yang dikira karena tangan yang harus lemas dan luwes sehingga bisa menggores malam ke kain dengan canting. Butuh banyak kesabaran karena untuk buat sehelai kain saja bisa butuh waktu lama.

  • Ikut tren internasional

Perlu Anda tahu jika kepopuleran batik sudah sangat banyak di apresiasi di seluruh dunia. Bahkan banyak sekali orang penting hingga artis dunia yang menggunakan batikan di berbagai macam acara. Dengan adanya tren tersebut, maka tak heran jika membatik pun menjadi tren internasional. Anda sepatutnya bangga karena bisa menjaga warisan budaya dari Indonesia.

Baca juga: Berbagai Motif Batik yang Pas untuk Kemeja Batik Formal

  • Latih kreativitas

Biasanya para anak muda adalah waktu dimana suka sekali dengan hal yang baru dan mencoba-coba. Membatik juga bisa jadi ajang untuk uji daya kreativitas Anda. Anda bisa membuat gambar dengan malam ke kain dengan kreasi Anda sendiri. Batasnya hanya imajinasi Anda. Biasanya untuk membatik, para pesertanya tak harus langsung membuat motif rumit namun justru bisa membuat motif sendiri sehingga imajinasi Anda bisa terasah.

  • Ikut andil melestarikan warisan budaya

Sesuai dengan apa yang dijelaskan di awal dimana membatik adalah suatu seni asli Indonesia. Tentunya sebagai anak muda, Anda pun tak akan rela jika membatik menghilang. Hal ini karena warisan budaya haruslah dijaga dan senantiasa untuk dipertahankan keberadaannya. Siapa yang bisa berbuat demikian? Tentu saja anak muda.

Itulah beberapa alasan mengapa anak muda wajib untuk belajar membatik. Dengan kepopuleran batik di dunia, tentunya ini menjadi sebuah kebanggaan tersendiri di diri bangsa karena ada warisan budaya Indonesia yang dikagumi internasional.