Banyak sekali aksesoris fashion yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan akan trend fashion yang ada. Namun ada juga aksesoris fashion yang memang memiliki manfaat khusus sehingga penggunaannya menjadi satu keharusan. Contoh dari aksesoris dengan manfaat tertentu sekaligus juga menjadi aksesoris trendy adalah sepasang sarung tangan atau hand gloves. Balutan kain untuk menutup tangan tersebut bisa saja hanya digunakan untuk melengkapi busana yang digunakan ataupun memang ditujukan untuk memberikan manfaat tertentu. Berikut ini adalah beberapa jenisnya dengan manfaat masing-masing yang kerap digunakan dan menambah menarik penampilan seseorang.

  • Otomotif hand gloves.

Seperti namanya, hand gloves ini digunakan untuk kepentingan otomotif seperti ketika Anda mengendarai sepeda motor maupun alat transportasi lainnya. Jenis ini biasanya memiliki ciri bagian dalam yang lebih kasar dengan tujuan agar cengkraman pada alat kemudi lebih kesat sehingga tidak mudah lepas dari tangan.

  • Hand gloves penghangat.

Terbuat dari bahan tebal seperti wool atau kain tebal sehingga memberi kehangatan di telapak tangan yang menggunakannya. Umumnya dijual sebagai hand gloves musim dingin di berbagai negara yang memiliki iklim dingin ekstrim. Selain dari bahan wool, hand gloves jenis ini juga ada yang terbuat dari bahan kulit dan kulit sintetis.

  • Sarung tangan pengantin.

Terbuat dari kain tipis untuk dipadukan dengan busana pengantin. Untuk pengantin pria menggunakan kain polos tanpa renda sedangkan pada pengantin wanita menggunakan bahan renda sehingga terlihat lebih feminim.

  • Hand gloves panjang.

Tak hanya telapak tangan saja yang bisa dibalut dengan jenis hand gloves ini namun juga seluruh bagian lengan. Biasanya dikenakan saat mengenakan baju tanpa lengan sehingga memberi perlindungan pada kulit.

Beberapa jenis hand gloves yang termasuk aksesoris fashion di atas bisa dibeli di berbagai toko aksesoris dari aksesoris otomotif untuk hand gloves otomotif dan aksesoris fashion umum lainnya. selain hand gloves untuk kebutuhan fashion, masih banyak jenis hand gloves lainnya seperti:

  • Hand gloves steril.
  • Hand gloves untuk memasak.
  • Hand gloves untuk keperluan laboratorium.
  • Dsb.

Meski lebih keperluan dimana orang membutuhkan hand gloves dibandingkan kaos kaki, namun setidaknya Anda memiliki sepasang atau dua pasangan hand gloves untuk berbagai keperluan. Secara umum Anda bisa membeli hand gloves berbahan wool atau bahan katun yang lembut dengan warna dan gambar sesuai selera. Sarung tangan tersebut bisa digunakan untuk mengendarai motor, menjaga suhu badan Anda ketika berada di tempat dingin atau digunakan untuk mengangkat benda yang tajam atau panas. Karena manfaatnya yang sering berhubungan dengan debu atau benda asing lain, sebaiknya setelah menggunakan, langsung segera dicuci untuk membersihkannya kembali.