Kain tradisional sekarang ini mulai banyak digunakan sebagai bahan berbagai pakaian. Dengan motif tradisional pakaian akan terasa lebih formal karena biasanya motif tradisional digunakan sebagai baju adat untuk upacara. Batik merupakan kain tradisional yang paling banyak digunakan seiring dengan kepopulerannya yang telah mendunia. Banyak motif batik yang telah tercipta baik sejak dahulu maupun batik modern. Dari berbagai motif tersebut kemudian lahir berbagai model baik yang pas dipakai untuk acara formal maupun model casual dengan menggunakan motif ini modern. Bagi Anda yang ingin membeli bahan batik, sebaiknya memilih motif yang sesuai dengan penggunaan nantinya. Untuk kemeja formal misalnya, berikut ini adalah beberapa motif yang sebaiknya dipilih agar kemeja Anda bisa menambah wibawa saat dikenakan.

  • Batik kawung.

Merupakan motif kuno yang dipercaya sebagai motif tertua untuk batik. Motifnya menggambarkan buah aren kelapa dengan lingkaran di bagian tengah. Bentuk 4 oval buah aren yang mengelilingi lingkaran juga menggambarkan keseimbangan universal. Batik ini jugalah yang sering digunakan oleh kerabat keraton di masa lalu.

  • Motif parang rusak.

Motif parang rusak juga merupakan motif kuno yang pastinya sudah sering Anda temui. Memiliki arti pertarungan prajurit melawan kejahatan yang ada di dalam diri sendiri. Motif ini mengajarkan kita untuk menonjolkan sifat-sifat mulia sehingga bisa menekan keinginan jahat untuk mewujudkan masyarakat yang damai.

  • Motif batik nitik.

Juga merupakan motif tertua karena merupakan tiruan dari motif kain pedagang India yang dating ke Indonesia. Bentuknya lingkaran rapat dengan pola-pola lain di bagian tengah serta sisi luarnya. Warna motif ini kuning keemasan yang dipadukan dengan warna hitam sehingga akan membuat pemakainya terlihat lebih formal.

  • Motif semen.

Motif semen digambarkan dengan pola daun, gunung, dan hewan. Sering digunakan untuk berbagai acara keagamaan ataupun acara adat. Warnanya coklat muda dengan motif coklat tua sehingga kontras dan mudah dilihat pola yang terdapat di sana.

  • Motif keraton.

Motif keraton merupakan motif yang menjadi cikal bakal motif lainnya. Memiliki banyak pola di dalamnya mulai dari sayap burung, bunga, daun, rantai, pari dan sebagainya. Waran yang digunakanpun sudah lebih terang dibandingkan warna batik umum seperti coklat dan hitam.

Beberapa motif batik di atas bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin memiliki batik untuk kemeja formal. Dengan menggunakan motif tradisional asli diharapkan Anda menggunakan kemeja dengan kewibawaan sehingga menambah penghormatan orang lain terhadap Anda. Batik tulis atau batik tangan merupakan jenis batik yang sebaiknya dipilih agar kualitas kain batik Anda semakin baik serta mendukung pemilihan motif formal di atas. Sesuaikan juga model jahitan untuk penggunaan formal dengan model klasik atau biasa.