Hijab merupakan kata dari bahasa yang artinya adalah “ penghalang ”. Di beberapa negara yang berbahasa arab dan negara negara barat, kata hijab ini lebih sering dikenal dengan kerudung yang dipakai oleh wanta muslim. Akan tetapi dalam ilmu islam ,hijab ini merupakan  tatacara berpakaian yang sesuai dengan tuntunan agama islam.

Cara Benar Menggunakan Hijab Bagi Para Remaja

Kriteria hijab yang benar

Menurut pendapat dari muhammad Nashirudin Al Albany kriteria dari jilbab yang benar adalah menutup seluruh badan, kecuali wajah dan kedua telapak tangan. Jilbab bukan merupakan pakaian untuk mencari popularitas, bahannya tidak tembus pandang,tidak ketat sehingga menampakkan lekuk tubuh, tidak tipis ,tidak disemprot parfum, tidak menyerupai pakaian kaum pria ataupun pakaian wanita wanita kafir.

Menurut ajaran agama islam ,manfaat utama memakai jilbab adalah untuk menutupi aurat. Jilbab ini bukan hanya untuk menutupi pada bagian rambut dan leher saja ,akan tetapi juga untuk menutupi lekuk tubuh yang dianggap bisa merangsang , yaitu untuk menutupi bagian pada sekitar dada.

Cara yang tepat untuk memilih model hijab atau kerudung,dengan cara memperhatikan bentuk wajah supaya penampilan terlihat pas dan menarik.

Warna jilbab serta desainnya dan juga tekstur bahan bisa mempengaruhi keseluruhan impresi wajah. Ada beberapa aspek wajah yang harus dipahami sebeluma anda membeli jilbab yang cocok dengan bentuk wajah ,warna kulit dan bentuk tubuh.

Berikut ini adalah panduan untuk anda pada saat akan mencari jenis jilbab yang bisa membantu membuat wajah tidak kelihatan semakin bulat dan pipi terlihat tembam.

  • Mencari bahan yang tipis

Pilihlah bahan yang ringan untuk ciput atau lapisan pertama kerudung seperti bahan sutra tipis,bahan katun atau kaos supaya cepat menyerap keringat dan nyaman untuk dipakai.

Hindarilah bahan spandeks karena itu bisa membuat wajah akan tampak lebar,tapi pilihlah bahan kain yang berukuran lebar sehingga akan mudah dibentuk sesuai selera anda.

Namun bagi anda yang memiliki dagu yang panjang, bahan lentur seperti spandek sangat disarankan, karena dengan memakai jilbab berbahan spandek, dagu yang panjang dan kurang proporsional akan sedikit tersamarkan.

  • Jilbab bahan satin, cocok dipakai bagi anda yang memiliki wajah tirus

Sebenarnya jika anda memiliki wajah berbentuk tirus anda sangat beruntung, karena anda dapat mengenakan jilbab dengan bentuk apapun dan bahan apapun. Namun, penampilan anda akan tampak lebih memukau jika anda menggunakan jilbab dengan bahan satin.

  • Jika anda memiliki pipi tembem, ada baiknya anda memilih pashmina chiffon. Karena bahan chiffon yang licin dan kaku akan mempermudah anda untuk membingkai wajah, termasuk menyamarkan pipi yang tembem.
  • Bagi anda yang memiliki wajah yang kecil dan mungil, ada baiknya anda memilih jilbab dengan bahan khasmir. Cara memakai jilbab khasmir juga perlu diperhatikan, usahakan membentuk lipatan-lipatan pada bagian atas kepala, agar wajah anda tidak terlihat tenggelam.

Baca juga Cardigan Terbaru untuk Wanita Berjilbab Lebih Anggun dan Sporty

Nah itu dia tips memilih hijab dari kami. Semoga bermanfaat.