Kalung menjadi salah satu aksesoris yang paling banyak dicari dan digunakan tidak hanya oleh wanita namun juga pria. Ada banyak jenis kalung dan satu diantaranya adalah kalung nama. Kalung ini memiliki tampilan seperti kalung biasa namun bedanya terdapat nama Anda atau nama orang yang akan diberi aksesoris tersebut. Biasanya kalung tersebut dipesan secara khusus karena terbuat dari bahan logam seperti stainless steel.

Cara Buat Kalung Nama Sendiri dengan Mudah Tanpa Ribet

Anda bisa menggunakan monel atau sejenis stainless steel yang memiliki permukaan yang mengkilap layaknya cermin. Selain memiliki tampilan yang mengkilap sehingga memberikan kesan yang modern, jenis stainless ini bisa menempel pada magnet dan dapat dipotong dengan menggunakan gergaji. Walaupun Anda bebas memilih stainless, namun hindari yang permukaannya tidak mengkilap, tidak menempel pada magnet dan tidak bisa dipotong dengan gergaji manual sehingga akan menyulitkan Anda saat membuatnya sendiri di rumah.

Setelah itu, alat dan bahan yang harus Anda persiapkan untuk membuat kalung nama sendiri adalah:

Bahan:

  • Model kotak ukuran PxLxT adalah 6.5 x 5 x 0,12 cm.
  • Gergaji manual bernomor 1 atau bisa juga dengan mata gergaji nomor 0 untuk pengerjaan yang lebih cepat.
  • Kertas stiker.
  • Rantai kalung secukupnya sesuai dengan keinginan Anda.

Alat:

  1. Komputer.
  2. Mesin dan mata bor 1 mm.
  3. Mesin poles atau gerinda.
  4. Amplas nomor 400, 800 dan 1000.

Setelah itu, Anda harus buat desainnya terlebih dahulu di komputer, bisa menggunakan corel. Pastikan Anda juga membuat 2 lubang pada bagian ujung atas pada nama Anda sebagai tempat untuk mengaitkan atau memasukkan kalung yang akan dipergunakan. Setelah nama selesai dibuat, print menggunakan kertas stiker sebelum akhirnya Anda menempelkannya pada permukaan stainless.

Tahapan selanjutnya untuk membuat kalung nama sendiri dengan menggunakan peralatan seadanya yaitu:

Baca juga Kalung Nama, Aksesoris Wanita yang Penuh Gaya

  • Potong dengan menggunakan gergaji yang sudah Anda miliki. Namun, Anda harus hati-hati saat memotong atau membor bagian yang harusnya berlubang misalnya bagian lubang atas untuk kalung atau lubang pada nama.
  • Haluskan dengan permukaan yang masih kasar dengan menggunakan amplas nomor 400. Caranya adalah dengan menggosokkan amplas tersebut di bagian yang masih kasar. Lakukan bertahap, setelah menggunakan amplas nomor 400, gunakan nomor 800 dan 1000 sehingga kalung Anda akan lebih halus.
  • Gunakan mesin poles atau bupping yang diperuntukkan untuk finishing. Caranya adalah menggunakan kain poles yang umumnya dari kain denim, lalu oleskan langsol ke kain poles yang telah diputar sebelumnya sebelum memolesnya dari sisi dalam nama ke sisi luar nama.
  • Gunakan kapas dan braso untuk membersihkan kalung dari kotoran dengan cara mengoleskan atau meneteskan braso ke kapas sebelum dioleskan ke nama tersebut. diamkan sekitar 5 menit sebelum dilap kembali dengan kapas atau lap bersih.
  • Pasang rantainya.