Perhiasan merupakan salah satu barang yang dijadikan koleksi oleh banyak orang. Selain memiliki nilai tinggi termasuk nilai jual kembalinya, perhiasan juga bisa digunakan untuk mempercantik diri maupun rumah. Seperti gelang emas misalnya, dengan menggunakan gelang untuk wanita, penampilan akan terlihat lebih feminim, rapi, ayu dan menarik. Apalagi jika gelang yang Anda kenakan terlihat berkilau dan bersih. Sayangnya gelang yang terlalu sering dipakai bisa terlihat using akibat debu atau kotoran lainnya sehingga perlu dibersihkan secara periodic.

Meski terbuat dari logam mulia yaitu emas, gelang memang tak bisa berkarat namun bisa menjadi kotor. Apalagi jika gelang tersebut digunakan setiap hari termasuk ketika Anda melakukan berbagai kegiatan misalnya ke kamar mandi, mencuci piring, mencuci pakaian dan sebagainya. Debu ketika Anda berjalan di jalan raya hingga bekas noda makanan dan noda lain bisa bercampur dengan keringat yang membuat gelang akan Nampak menghitam. Meski tetap berharga saat dijual, namun pastinya tak akan elok jika digunakan dan terlihat oleh orang lain.

Untuk menghindari menghitamnya gelang akibat kotoran yang menumpuk, Anda bisa membersihkannya di toko emas ataupun jasa pembersihan emas lainnya. Mungkin Anda akan diminta untuk meninggalkan gelang jika layanan sedang banyak antrian namun bisa juga Anda hanya perlu menunggunya sebentar untuk mendapatkan gelang emas Anda sudah bersih kembali. Selain menggunakan jasa layanan dari toko emas untuk membersihkan perhiasan Anda, ada cara lain yang bisa dilakukan sendiri yaitu:

  • Mencuci menggunakan sabun cair pencuci piring.

Cairan pencuci piring bisa digunakan untuk mengangkat kotoran pada perhiasan. Untuk hasil maksimal, Anda bisa menggunakan air hangat namun tidak boleh terlalu panas.

  • Menggunakan ammonia.

Cairan ammonia bisa digunakan untuk membersihkan perhiasan emas yang sangat kotor. Namun cara ini tak boleh terlalu sering digunakan karena bisa juga mengikis emas dan batu atau permata yang ada di perhiasan Anda.

  • Menggunakan pasta gigi.

Selain menggunakan sabun pencuci piring, pasta gigi juga bisa dipakai untuk membersihkan perhiasan. Caranya adalah dengan melarutkan pasta didi pafa air kemudian rendam perhiasan Anda hingga terendam sempurna selama 2 hingga 5 menit kemudian gosok menggunakan sikat gigi lembut.

Jangan biarkan gelang emas Anda menjadi hitam atau kotor agar penampilan Anda tetap menarik dan feminim. Untuk gelang atau perhiasan lain yang sudah kotor, Anda bisa membersihkannya dengan salah satu cara di atas. Namun perlu diperhatikan jika Anda memiliki perhiasan dengan Mutiara atau batu mulia lainnya agar menggosok atau membersihkannya dengan cara yang lembut. Merendah lebih lama tanpa menggosok juga bisa dilakukan jika Anda takut melukai atau membuat perhiasan Anda rusak.