Saat ini celana jeans model ripped memang sangat digandrungi oleh kaum muda. Ripped jeans adalah jenis celana yang memiliki sobekan-sobekan kain di bagian depannya. Celana ini dinilai sangat stylish dan futuristik secara bersamaan.

Cara Membuat Celana Jeans Model Ripped

Bagi kamu yang memiliki low budget dan masih harus menunggu waktu untuk membeli ripped jeans yang sesuai keinginanmu, mending kamu ikuti saja tips berikut ini. Selain efektif dan efisien, untuk mengikutinya pun tidak perlu kocek yang dalam. Kamu bisa menggunakan celana jeans lama milikmu dan menyiapkan alat-alat yang pasti ada di rumah.

Penasaran, bukan? Ikuti saja langkah-langkah berikut untuk bisa membuat celana jeans model ripped tanpa harus repot membeli.

  1. Siapkan Peralatan seperti gunting, amplas, dan sarung tangan plastik. Usahakan gunting yang dipakai jangan terlalu kecil karena tentu akan menyulitkan proses cutting. Untuk amplas, siapkan secukupnya saja. Tidak perlu membeli terlalu besar karena jika digunakan, malah dapat menggesek bagian celana yang lainnya. Sebenarnya, sarung tangan juga tidak begitu diperlukan. Alat ini hanya untuk melapisi tangan agar tidak mengotori celana. Namun jika kamu merasa mampu menjaga celana dari noda tanpa memakai hand gloves, mending tidak perlu menyiapkannya.
  2. Untuk mulai membuat ripped jeans, tentukan dahulu bagian mana yang akan kamu sobek dengan spidol. Gambar pola dan tepi pada bagian cutting dan sesuaikan dengan keinginan. Biasanya, ripped jeans memiliki sobekan di lutut atau paha. Tapi bisa juga ripped terletak di saku celana. Usahakan pola yang digambar sejajar dengan pola di bagian lainnya.
  3. Setelah itu, gunting perlahan-lahan area yang telah ditandai. Mulai dari bagian kanan dan lanjutkan di bagian kiri. Diperlukan ekstra kehati-hatian dalam menggunting bagian yang akan di ripped Karena bila salah cutting, celana jeans kamu akan mengalami kerusakan fatal hingga tidak cocok untuk ripped lagi.
  4. Selepas digunting, amplas bagian cutting agar serat-serat benang mulai keluar. Inilah bagian paling krusial dari tahapan membuat ripped jeans secara handmade. Jangan mengamplas dengan gerakan kasar karena dapat mengakibatkan serat kain putus.
  5. Apabila celana sudah berlubang, tarik di beberapa bagian disana dengan tangan agar serat yang telah muncul menjadi renggang dan seperti ripped sesungguhnya. Jangan tarik terlalu keras karena bisa memperlebar lubang dan mengakibatkan cutting yang gagal total nantinya.
  6. Untuk lebih menambah kesan futuristik pada celana, amplas juga bagian lain pada celana dengan perlahan, misalnya bagian saku. Tidak perlu sampai serat berlubang. Cukup amplas halus dan biarkan celana terlihat serat tipis di beberapa tempat.

Baca juga: 5 Model Celana Jeans yang Cocok untuk Pemilik Perut Buncit

Mudah, bukan? Kamu bisa mendapat celana jeans model ripped hasil karyamu sendiri dengan mengikuti langkah-langkah di atas. Tidak perlu mahal untuk bisa tampil modis. Selamat mencoba.