Dengan kreatifitas, kita bisa menciptakan barang yang dianggap sepele menjadi sesuatu yang nilainya lebih. Misalnya tali sepatu yang peruntukannya biasa digunakan hanya untuk mengikat sepatu kets atau pelengkap bisa dijadikan berbagai macam kerajinan tangan. Misalnya dapat dijadikan gelang, kalung atau hiasan. Berikut tutorial dan cara membuat gelang dari tali sepatu, alasannya adalah gelang dari tali sepatu bisa digunakan dalam acara yang cenderung santai, cocok digunakan untuk aktifitas sehari-hari, bisa dipakai untuk anak-anak, remaja dan orang dewasa, keren dan yang paling penting adalah mudah untuk membuatnya.

Jika kamu bingung bisa digunakan untuk apa gelang dari tali sepatu yang sudah kalian buat, kita kasih beberapa tips yang mungkin bisa kamu lakukan yaitu, kamu bisa membuat banyak untuk digunakan berbarengan sebagai “gelang persahabatan” untuk teman-teman dan sahabat-sahabat mu, sebagai hadiah untuk orang-orang kesayangan, untuk tugas keterampilan dan kerajinan tangan yang biasanya diberikan dari sekolah atau bisa juga dijadikan sebagai lahan bisnis dengan cara dijual kembali. Sebenarnya, dengan sedikit kreativitas ada banyak cara pembuatan dan model gelang yang kalian dapat buat dari tali sepatu, berikut beberapa contoh sebagai inspirasi cara pembuatan gelang dari tali sepatu.

Siapkan satu buah tali sepatu yang panjangnya 60-80 cm dengan warna yang menarik. Pilih juga jenis tali sepatu yang flat, Jarum, Korek api, Gunting, Pengait tabung untuk ujung tali 5 mm untuk ujung tali
Pengait kakak tua / kaitan udang 1,2 cm dan tang pelintir (Round Nose Plier)

Cara membuat gelang dari tali sepatu

Pertama-tama, lengkungkan tali sepatu hingga bertemu kedua sisinya dan membantuk bulatan seperti gambar, tahan bentuk bulatan dengan jarum. Bentuk bulatan kembali pada sisi sebelah kanan bulatan yang ditahan menggunakan jarum. Masukan ke lubang tali yang awalnya sudah dibuat kemudian lepaskan jarum dan tarik ujung tali hingga bulatan awal mengikat bulatan lainnya. Hasil dari ikatan tersebut seharusnya menghasilkan bentuk bulatan tali yang diujungnya terdapat simpul/ikatan. Jika bulatan terlalu kecil, kamu bisa menarik bulatan yang sudah dibentuk sehingga lebih besar.
Buat bulatan lain pada sisi kanan tali lalu masukan ke dalam bulatan yang sudah dibentuk hingga membentuk bulatan baru dengan simpul kembali.

Ulangi pengerjaan hingga di rasa simpul sudah cukup panjang untuk dijadikan gelang, untuk mengunci mati simpul atau ikatan. masukan tali sepatu langsung pada bulatan tali terakhir agar simpul mati.
Potong ujung simpul mati atau tali dan ujung yang lainnya dengan gunting dengan menyisakan jarak sekitar kurang lebih 0.5 cm. Bakar ujung-ujung tali dengan korek hingga ujung tali tumpul dan tidak berserabut. Pasangkan Pengait tabung untuk ujung tali 5 mm pada sisi kanan ujung tali dan Pengait kakak tua / kaitan udang 1,2 cm pada sisi kiri, boleh juga sebaliknya. gunakan tang untuk mempermudah proses menjepit, melengkungkan dan membengkokan pengait.