Salah satu alasan utama orang-orang mulai memperhatikan apa yang mereka pakai di era modern adalah karena selain ingin tampil cantik, mereka tidak ingin ketinggalan jaman dari yang lainnya. Perkembangan fashion pun akibatnya menjadi tidak terbendung. Jaket misalnya, yang dulunya hanya sebagai kain penghangat tubuh pun kini telah menjelma menjadi item yang sangat digandrungi penggunaannya, terlebih jaket jeans.

Cara Memilih Jaket Jeans untuk Wanita

Di dalam dunia fashion, penggunaan jaket jeans dianggap sebagai sesuatu hal yang tidak bisa ditiadakan. Ibarat kata, jaket ini merupakan hal wajib dan fashion item yang harus dimiliki oleh semua kalangan. Namun, membelinya pun tidak bisa asal pilih. Meski jaket jeans cocok digunakan oleh berbagai bentuk tubuh, ada beberapa hal yang tetap harus diwaspadai dalam memakainya, misalnya kaitan antara desain dan efek yang dihasilkan bagi siluet tubuhmu.

Maka dari itu, untuk memilih jaket jeans bagi wanita, simak hal-hal berikut agar meminimalisir kesalahan :

  • Ukuran Tubuh

Ini merupakan hal pertama yang harus dilalui dalam tahapan memilih jaket jeans. Jangan beli secara sembarangan. jaket yang bukan merupakan jenis oversized dan tetap dipakai meski kebesaran tentu akan memberi kesan lebih lebar bagi pemakainya, meskipun sang pemakai bertubuh langsing. Apabila ukurannya terlalu kecil, tentu selain sesak digunakan, akan memberikan efek gemuk. Serba salah memang dalam menentukan sebuah ukuran jaket. Maka dari itu, kenali lebih dulu bentuk tubuhmu dan berapa ukuran yang pas. Menggunakan jaket yang pas tentu akan memberi keuntungan sendiri. Selain nyaman digunakan, jaket yang pas dapat membuat pemakainya tampil percaya diri dengan bentuk tubuhnya yang dibalut sempurna.

  • Bentuk Umum Jaket

Di Indonesia, terdapat dua jenis jaket jeans yang sangat umum dan sudah dikenal di pasaran. Model ini adalah resleting dan kancing. Sebenarnya baik keduanya tidak ada masalah. Namun bagi seseorang yang menyukai efisiensi dan kemudahan dalam berpakaian, jaket dengan resleting dinilai lebih mudah. Sayangnya meski begitu, penggunaan terus menerus pada jaket tipe ini dapat menyebabkan kerusakan resletingnya datang lebih cepat. Sedangkan kancing memang lebih kurang efektif namun daya tahan penggunaannya cukup tinggi.

  • Jangan Salah Pilih Warna

Meski bertajuk jaket jeans, namun sekarang ini terdapat berbagai pilihan warna selain warna denim. Usahakan jangan memilih warna yang terlihat usang, seperti cream tua atau biru keabu-abuan. Pilih saja warna seperti biru dongker, hitam, atau jika memang ragu, cukup pilih warna alami jaket model ini, yaitu warna denim itu sendiri.

  • Perhatikan Juga Bahannya

Jaket memiliki ketebalan yang beda-beda dari satu model ke model lainnya. Pilih jaket yang berbahan tidak terlalu tebal dan juga tidak terlalu tipis.

  • Ketahui Model Jaket

Biasanya, bagi para penyuka fashion, mereka cenderung memilih jaket yang sudah dimodifikasi. Tambahan bulu, cutting dan jahitan unik, atau bahkan model ripped menjadi sangat disukai oleh fashionista. Namun bagi mereka yang tetap ingin tampil sederhana, jaket model klasik tentu masih jadi pilihan.

Baca juga Perpaduan Blouse dengan Jeans Wanita

Itulah beberapa tips untuk membeli jaket jeans bagi wanita. Selamat mencoba.