Jas adalah sejenis outer atau pakaian resmi ala masyarakat Eropa yang memiliki lengan panjang. Jas pria juga biasanya merupakan salah satu jenis fashion item paling berbudget tinggi diantara koleksi pakaian kaum Adam. Oleh karena faktor high-end ini, perawatan jas memerlukan kehati-hatian agar awet dan tidak rusak.

Cara Mencuci dan Merawat Jas Pria dengan Aman di Rumah

Pada umumnya, cara mencuci jas pria tidak melalui proses dry clean saja, melainkan dengan cuci tangan manual maupun mesin cuci. Faktanya, meski pada label terdapat keterangan “machine washable” yang mana artinya dapat dicuci dengan mesin, banyak dari pengguna jas yang ragu melalui langkah tersebut. Mereka lebih memilih mencuci di laundry. Padahal mencuci di rumah juga sama saja.

Ikuti langkah-langkah berikut ini agar jas pria yang kamu punyai aman dicuci :

  • Kenali Labelnya

Pastikan tanda pencucian pada label di bagian dalam jas untuk memastikan bahwa item tersebut dapat dicuci dengan mesin cuci. Kemudian lihat pula tanda tentang besaran suhu air yang disarankan, siklus penyucian hingga tata cara pengeringan.

  • Bersihkan Lebih Dulu Noda

Noda harus dibersihkan sebelum jas dimasukkan ke dalam mesin. Kamu cukup mengoleskan detergen pada bagian yang bernoda dan gunakan sikat gigi bekas untuk membersihkannya. Sikat bagian tersebut dengan gerakan tegas namun lembut. Diamkan beberapa saat hingga detergen meresap, lalu masukkan ke dalam mesin cuci.

  • Dicuci Sendiri

Ada baiknya, jas dipisah penyuciannya dari item lain. Hal ini untuk menghindari jas menjadi kusut dan terkena lunturan pakaian yang dicampur.

  • Tata Siklus Penyucian Sedemikian Rupa

Untuk mencuci jas, sebaiknya pilih delicate atau handwash. Pastikan juga suhu air sesuai rekomendasi pada label.

  • Jemur Dengan Posisi Terbalik

Jangan jemur langsung di bawah terik matahari. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah menggantung terbalik jas pada hanger.

Selanjutnya, setelah tahap mencuci, jas pria harus dirawat dengan baik. Ada 2 cara untuk merawat permukaan jas, yaitu dengan uap dan setrika pada umumnya.

Jika menggunakan setrika uap, cukup lakukan langkah berikut :

  1. Isi setrika dengan air sesuai petunjuk
  2. Semprot uap ke arah jas tanpa menyentuhkan setrika ke kainnya
  3. Biarkan kelembapan uap di jas hilang dan tunggu hingga kering kembali.

Namun, jika merawat jas setelah dicuci dengan setrika biasa, ada beberapa hal yang harus dilakukan :

  1. Sesuaikan suhu setrika dengan anjuran
  2. Coba menggosok pada bagian dalam lebih dulu. Jika aman, maka lanjutkan ke bagian luar. jika suhu berlebih, turunkan lebih dulu agar tidak berbekas
  3. Menyetrika bagian lengan memerlukan gulungan handuk untuk dimasukkan. Hal ini berguna menghindari terbentuknya lipatan pada kain.

Baca juga: Tips Memilih Jas Pria yang Tepat untuk Kegiatan Santai dan Formal

Itulah beberapa cara mencuci dan merawat jas pria dengan baik di rumah. semoga bermanfaat.