Seiring perkembangan jaman seperti sekarang ini ternyata berpengaruh banyak terhadap perubahan budaya batik yang ada. Yang pasti dan dapat dilihat secara nyata yaitu batik sekarang tidak hanya sekedar kain tetapi juga digunakan dalam berbagai model pakaian ataupun pernak-pernik cantik. Dan paling banyak dilakukan inovasi pada pembuatan baju batik wanita dengan berbagai model dan bentuk. Sebenarnya bukan hanya wanita saja tetapi juga pria dari mulai anak-anak sampai dengan dewasa. Tetapi paling banyak batik diaplikasikan dalam berbagai produk wanita seperti baju, tas, ataupun lainnya.

Tetapi walaupun banyak sekali produk pakaian wanita yang dibuat dari kain batik tidak semuanya pantas untuk digunakan setiap wanita. Salah satu masalah yang kerap muncul adalah pemilihan baju batik untuk para wanita bertubuh gemuk. Seperti yang diketahui bahwa mempunyai ukuran tubuh yang berlebih tentunya PR sendiri dalam menentukan berbagai pakaian yang akan dikenakan. Misalnya jika salah motif akan terlihat semakin besar, atau mungkin lainnya. Makanya berikut ini ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk memilih pakaian batik yang akan dikenakan yaitu:

  • Warna.

Batik sendiri diproduksi bukan hanya dari satu daerah saja tetapi beberapa daerah yang ada di Indonesia mulai dari Solo, Pekalongan, Jogja, Cirebon ataupun lainnya. Setiap daerah mempunyai ciri khas corak atau latar warna yang berbeda-beda, dari mulai yang gelap, kalem sampai dengan yang terang. Nah, untuk Anda yang mempunyai badan gemuk lebih disarankan memilih baju batik wanita yang mempunyai warna natural atau cenderung gelap. Selain dapat membuat penampilan Anda terlihat lebih langsing juga warna yang mudah didapatkan.

  • Motif.

Kalau untuk pemilihan motif sendiri bagi wanita yang cenderung bertubuh besar lebih baik menggunakan batik bermotif sedang atau cenderung kecil. Hal ini dikarenakan tubuh besar Anda akan terlihat semakin besar jika memilih motif yang lebar atau luas.

  • Baju berkerah.

Yang paling utama dalam pemilihan baju untuk wanita bertubuh besar adalah pemilihan kerah yang tepat. Sangat disarankan memilih baju yang mempunyai kerah berbentuk V, karena bentuk tersebut akan menghasilkan siluet pada tubuh Anda dan terlihat kecil.

  • Ukuran.

Kemudian untuk ukuran sangat disarankan memilih baju yang berukuran standar atau pas. Pakaian tersebut akan menjadikan tubuh Anda terlihat lebih langsing dan tampilan yang lebih rapi.

Sebenarnya untuk pemilihan model pakaian batik untuk wanita sendiri tidak terlalu susah mengingat banyak sekali produk pakaian wanita dengan berbagai bentuk. Penampilan Anda saat menggunakan baju batik wanita akan lebih apik jika ditambah dengan berbagai aksesoris pendukung seperti kalung, gelang ataupun lainnya. Bagi Anda yang mengenakan dress batik bisa memakai sabuk untuk mempercantik tampilan Anda.