Jaket merupakan salah satu jenis out wear yang memang pada awal mulanya didesain sebagai baju penghangat tubuh. Namun seiring dengan perkembangan dalam dunia fashion, jaket pun kini banyak dijadikan sebagai alternatif pilihan gaya berbusana casual baik bagi para wanita maupun pria. Salah satu jenis jaket yang banyak digunakan sebagai pilihan gaya casual dalam diri seseorang adalah jaket dengan bahan pembuatan kain jeans. Jaket yang satu ini memang memiliki bahan pembuatan yang tergolong sebagai jenis kain tebal, sehingga sangatlah wajar jika dalam melakukan pembersihan ataupun perawatan pada jaket ini diperlukan trik tersendiri. Bagi Anda yang memang ingin melakukan perawatan terhadap jaket jeans, berikut tips yang mungkin dapat Anda gunakan:

Cara Merawat Jaket Jeans dengan Tepat Agar Tidak Mudah Rusak
Cara Merawat Jaket Jeans dengan Tepat Agar Tidak Mudah Rusak
  • Perhatikan label pada jaket

Bacalah dengan seksama label yang terdapat didalam jaket, pada label ini biasanya akan tertera bagaimana cara membersihkan ataupun mencuci jaket tersebut. Pastikan bahwa Anda mengikuti petunjuk yang tertera pada label mengenai cara pencucian ataupun penyetrikaan dari jaket tersebut, agar nantinya tekstur dan warna pada jaket akan tetap terjaga. Hindari terlalu sering mencuci jaket, karena hal tersebut dapat membuat warna pada jaket memudar dan kerapatan pada kain pembuatan jaket akan menjadi lebih renggang.

  • Trik Mencuci

Pastikan ketika Anda mencuci jaket jeans, hindari melakukan perendaman jaket dengan menggunakan detergen terlalu banyak, karena hal tersebut akan dapat menyebabkan warna pada jaket akan lebih mudah memudar. Jaket dengan bahan jeans akan dapat dicuci dengan menggunakan tangan ataupun mesin cuci. Namun ketika melakukan pencucian dengan mesin cuci akan dianjurkan Anda menyetel mesin dalam mode pencucian delicate, dan mencucinya bersamaan dengan jenis pakaian lain yang juga berbahan jeans, dengan kuantitas maksimal 4 buah.

  • Trik Penjemuran

Setelah selesai mencuci jaket, menjemur merupakan kegiatan selanjutnya yang memang menyertai perawatan pakaian. Untuk jaket berbahan jeans sendiri akan disarankan bagi anda untuk tidak menjemurnya dibawah sinar matahari secara langsung, karena hal tersebut akan lebih mudah membuat jeans cepat memudar. Pastikan pula Anda menjemur dengan cara diletakkan pada seutas tali jemuran dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Hindari menjemur dengan cara menggunakan hanger, karena hal tersebut dapat merusak serat pada bahan jeans pada jaket tersebut.

Setelah jaket jeans benar-benar kering, maka Anda dapat menyetrikanya dengan cara langsung menggunakan setrika yang distel dengan mode panas yang memang diperuntukkan untuk bahan jeans. Simpanlah jaket dengan cara melipatnya secara rapi, dan pastikan bahwa tempat Anda akan melakukan penyimpanan ataupun almari benar-benar kering dan tidak lembab, agar nantinya jaket tersebut tidak berbau dan timbul bercak putih diatas permukaannya. Menempatkan jaket pada tempat yang kering juga akan membantu Anda menjaga tekstur dari jaket tersebut.