Memakai jam tangan, bagi seorang pria, bukan hanya berfungsi sebagai alat penanda waktu. Jam tangan atau arloji juga berfungsi sebagai item fashion yang akan menunjang penampilan seorang pria agar terlihat lebih elegan dan bahkan memberikan kesan maskulin. Jam tangan pria yang diproduksi dengan berbagai model dan material membuat pria memiliki banyak pilihan dan bebas memilih jam tangan yang cocok dan sesuai dengan pakaian yang dikenakannya dan momen ketika memakainya. Salah satu jenis jam tangan yang banyak dipilih oleh para pria adalah jam tangan kulit. Jam tangan kulit memiliki kelebihan lebih ringan ketika dipakai dan cenderung lebih nyaman dan menempel pada kulit sebab materialnya terbuat dari kulit asli yang akan lebih mudah menempel pada pergelangan tangan jika dibandingkan dengan jam tangan berbagan stainless atau rubber. Namun memakai jam tangan kulit juga sering menjadi masalah tersendiri bagi pria, terutama karena perawatannya yang tidak mudah.

Hindarkan dari Air

Jam tangan kulit harus sebisa mungkin dijauhkan dari terkena air secara langsung, terutama air hujan. Kulit hewan yang dijadikan bahan tali jam akan mudah berjamur. Jamur ini tentu akan merusak jam tangan kulit. Jika jam tangan kulit terkena basah, usahakan mengeringkannya dengan kain lembut yang kering atau diangin-anginkan di depan kipas angin. Jika membersihkannya dengan kain yang lembut, usahakan arah gosokan hanya satu arah, bukan bolak-balik. Jangan menjemur jam tangan di bawah matahari langsung dalam keadaan basah, karena selain akan membuat kaca arloji mudah retak, juga justru akan merusak bentuknya menjadi lebih kisut atau mengkerut.

Dirawat Rutin

Jam tangan pria harus dirawat secara rutin setidaknya sebulan dua kali. Cara perawatannya sangat mudah, cukup perhatikan tali strapnya terlebih dahulu dengan teliti dan lihatlah apakah di bagian tali jam atau strap tersebut terdapat noda. Biasanya, noda akan mudah menempel pada tali strap karena daki yang menempel di pergelangan tangan atau karena debu. Untuk menghilangkan noda pada tali strap, ambillah kain yang lembut dan berilah sedikit air hangat atau cairan penyegar pembersih wajah. Sementara untuk membersihkan bagian kacanya, cara yang paling aman ialah menyiapkan kain mikrofiber dan menggosoknya dengan perlahan-lahan agar tidak tergores.

Untuk perawatan yang lebih maksimal atau jika noda yang menempel sudah membandel, air panas/ hangat saja tidak cukup, kita perlu menyiapkan cairan khusus pembersih produk kulit seperti leather conditioner. Baking soda juga cukup ampuh membersihkan noda pada kulit strap. Jangan lupa juga untuk membersihkan sela-sela antara bagian lingkaran jam dengan tali strap. Di sanalah biasanya kotoran akan menumpuk.

Merawat jam tangan pria berbahan kulit memang lebih sulit dibandingkan dengan jam tangan bermaterial lainnya. Jika sudah terlanjur menggemari jam tangan kulit, untuk perawatan yang lebih mudah sebaiknya membeli jam tangan dengan bagian strap yang dilapisi dengan bahan pelapis tertentu agar membersihkannya lebih mudah.