Seperti halnya item fashion lainnya, sepatu sneakers sudah menjadi benda fashion yang esensial dalam kehidupan sehari-hari. Itu sebabnya tidak sedikit yang rela merogoh dompetnya demi mendapatka sepatu yang diidam-idamkan. Setelah membeli sepatu dengan harga yang mahal, tentu sepatu harus dirawat dengan benar agar dapat bertahan lebih lama.

Sayang jika sepatu harganya mahal namun tidak pernah atau tidak tahu cara merawatnya. Karena sepatu akan cepat rusak. Untuk itu penting mengetahui bagaimana cara merawat sepatu sneakers dengan benar. Ingin tahu cara perawatannya? Yuk, baca penjelasannya berikut ini.

baca juga: Tips Merawat Sepatu Sneakers

Bahan Pembersih Sepatu

Sebelum membersihkan sepatu, siapkan perlengkapan yang dibutuhkan antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Sikat gigi yang sudah tidak terpakai.
  2. Sabun atau detergen bubuk, tapi alangkah lebih baik jika detergen yang digunakan dalam bentuk cair.
  3. Untuk alternatif siapkan sabun khusus sepatu dari bahan kain.
  4. Sikat sepatu, sebaiknya gunakan sikat kain biasa karena lebih keras dan kaku.
  5. Kertas bekas.
  6. Semir sepatu.
  7. Baking soda.

Langkah-Langkah Membersihkan Sepatu

Setelah ketujuh perlengkapan sudah siap, Anda bisa langsung membersihkan sepatu dengan cara yang benar, yaitu:

  • Jika sepatu yang akan dibersihkan kondisinya berlumpur atau sangat kotor. Pertama-tama tunggu kotoran tersebut kering. Setelah kering tepuk-tepuk sepatu agar kotorannya berjatuhan. Apabila kotoran yang menempel sedikit, cukup bersihkan dengan sikat gigi bekas yang sudah dibasahi. Sikat dengan lembut bagian yang kotor.
  • Langkah berikutnya adalah mencuci sepatu dengan air hangat. Gosok bagian dalam dan luar sepatu menggunakan sikat yang kasar. Jika bagian dalamnya tidak terjangkau bisa gunakan sikat gigi. Jika kotorannya susah hilang bisa gunakan baking soda lalu bilas hingga bersih menggunakan air dingin.
  • Jika sepatu berwarna sebaiknya gunakan detergen yang mengandung pemutih agar warnanya tetap putih bersih. Sebelum digunakan lakukan test detergen atau sabun terlebih dulu, caranya: oleskan ke beberapa bagian lalu lihat hasilnya, apakah warnanya luntur atau tidak.

Setelah selesai dicuci, peras sepatu dengan cara diputar agar kadar air berkurang. Kemudian gantung terbalik di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung karena bisa menyebabkan warna sepatu memudar.

Setelah kering semir sepatu agar lebih awet dan tahan lama. Sebaiknya hindari menggunakn semir bentuk pasta atau gel karena bisa menimbulkan gumpalan yang susah diratakan. Menyemir sepatu bisa gunakan semir cair.

Itulah beberapa tips cara mencuci sepatu yang benar. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat, khususnya bagi Anda yang belum mengetahui dan memahami cara mencuci sepatu yang benar. Jika sepatu sneakers milik Anda dirawat dengan benar bisa membuatnya terlihat seperti baru dan tahan lama. Selamat mencoba!