Topi pada dasarnya termasuk dalam aksesoris yang memang banyak digunakan oleh masyarakat, karena memiliki manfaat untuk menjaga kepala agar tidak kepanasan, apalagi ketika tengah melakukan perjalanan atau aktivitas di luar ruangan. Model yang ditawarkan sendiri juga terbilang sangat bervariasi, diantaranya adalah model baseball yang cukup umum digunakan, hingga yang belakangan kembali booming adalah topi koboi, tentunya banyak yang sudah mengenal model satu ini bukan.   Sesuai dengan namanya jenis topi tersebut memang memiliki bentuk melebar di bagian samping dengan bahan yang biasanya dibuat dari suede, lembut dan efektif dalam melindungi kepala dari sengatan sinar matahari. Biasanya banyak digunakan untuk fashion-fashion tertentu, seperti yang akan travelling ke luar ataupun juga sekedar dipakai properti dalam berfoto. Berbicara mengenai bahan dari topi koboi ini sendiri yang kebanyakan dibuat dari suede maupun kulit sintetis, maka perawatannya juga harus diperhatikan agar nantinya tak mudah rusak, diantaranya adalah:

Cara Merawat Topi Koboi Berbahan Suede Agar Tak Mudah Rusak

  1. Bersihkan dengan teknik dry clean, tentunya banyak yang sudah mengenal metode pembersihan yang satu ini bukan, yaitu tidak memakai air sama sekali untuk mencucinya, melainkan cukup dengan mengandalkan sebuah brush, dengan tujuan adalah merontokkan atau menghilangkan kotoran yang menempel di permukaan topi tersebut tanpa harus merusaknya.
  2. Jika terkena kotoran maka harus langsung dibersihkan, ada kalanya memang karena digunakan di luar untuk waktu yang lama, maka terkadang kotoran juga mungkin untuk menempel pada topi tersebut, jika kotoran tersebut basah, maka bisa dibersihkan dengan memakai tisu basah, atau sedikit disikat dengan air, namun pada bagian yang terkena kotoran saja, selebihnya tak perlu dicuci.
  3. Ketika topi tersebut basah, maka harus segera dikeringkan, jika tidak biasanya akan memunculkan aroma yang kurang sedap, aroma seperti apek pakaian yang tidak kering. Ketika sudah muncul aroma semacam ini tentunya jalan satu-satunya adalah dengan mencucinya. Cuci dengan memakai detergen dan sikat yang lembut, lakukan langkah menyikatnya secara perlahan sampai seluruh bagian bersih, kemudian segera keringkan.
  4. Simpan di tempat yang tepat, tak kalah penting adalah penyimpanan topi tersebut, karena resikonya sangat tinggi untuk berjamur, maka sebaiknya simpanlah di tempat yang kering dan juga bersih, jangan menyimpannya di tempat yang lembab jika tak ingin berbau apek, sebaiknya gunakan silica gel untuk memastikan tempat penyimpanan atau udara tersebut kering.

Baca juga: Rekomendasi 10 Topi Koboi Untuk Gaya Gagah ԁаn Maksimal

Mudah bukan, tak perlu khawatir senang mengoleksi topi koboi, dengan perawatan yang tepat akan membuatnya tetap awet. Di pasaran model topi yang satu ini sekarang kian bervariasi dengan ragam warna cantik. Tentunya Anda bisa membeli sesuai dengan selera, cocok dipakai oleh pria maupun wanita.