Gelang tangan termasuk aksesoris yang tak hanya populer digunakan oleh orang dewasa saja, melainkan juga mereka anak-anak bahkan juga bayi banyak yang menggunakannya perhiasan tersebut sebagai aksesoris untuk mempercantik penampilan. Banyak diantara orang tua yang memang dengan sengaja membelikan dan membuat buah hati mereka mengenakan perhiasan tersebut untuk membuatnya terlihat lebih lucu, bukan hanya bayi laki-laki melainkan juga perempuan. 

Cara Pintar Memilih Gelang Tangan yang Nyaman dan Aman untuk Si Kecil

Namun sebagaimana yang diketahui, baik itu anak-anak maupun bayi sendiri masih belum tau bagaimana cara untuk menjaganya, sehingga sering kali hilang entah kemana. Untuk itu para orang tua jangan asal dalam membelikannya, berikut ini diantaranya beberapa tips dalam membelikan gelang tangan untuk anak agar tidak mudah hilang dan tetap nyaman mereka kenakan, diantaranya adalah: 

  1. Pilih logam yang berkualitas baik, bagi yang lebih senang membelikan gelang dari bahan dasar logam mulia, maka ketahui juga bahwa setiap logam memiliki kualitas yang berbeda-beda, diantaranya memang ada yang memiliki nilai karat tinggi sehingga nyaman digunakan, namun juga ada yang tidak, untuk anak-anak dianjurkan memilih yang bagus, sehingga tak mengiritasi kulit.
  2. Cek kaitan pada gelang tersebut, bagian pengait ini termasuk yang sangat penting diperhatikan, bukan tanpa alasan, melainkan karena kaitan ini mempengaruhi kualitas apakah gelang mudah untuk copot atau tidak, jika bagian pengaitnya renggang, maka secara otomatis gelang akan copot, tentunya lebih rentan hilang, jadi cek terlebih dahulu.
  3. Pilihlah ukuran yang kecil, untuk bayi maupun anak-anak dianjurkan bagi Anda untuk membelikan yang ukurannya kecil, karena akan terasa lebih nyaman untuk mereka kenakan, begitu juga dengan ukuran yang kecil tak akan menarik perhatian orang lain.
  4. Minim aksesoris pelengkapnya, lebih baik belilah yang polosan atau memiliki bentuk standard dibandingkan dengan yang banyak dibekali dengan aksesoris layaknya manik-manik atau sejenisnya, karena untuk beberapa jenis aksesoris nantinya akan lebih mudah tersangkut ke serat kain dan membuatnya jadi putus.
  5. Pilihlah yang bentuknya tidak runcing, karena berpotensi menggores mereka, begitu juga dengan model yang kasar, umumnya jenis perhiasan semacam ini akan membuat permukaan tangan bayi juga terasa kurang nyaman. Resiko tangan terluka semakin tinggi.

Baca juga: Tips Membersihkan Gelang Perak Agar Tetap Cantik

Pastikan bagi para orang tua juga selalu mengawasi buah hati yang mengenakan gelang tangan perhiasan tersebut, karena resiko untuk hilang atau dicuri sangatlah tinggi. Bahkan jika dilihat beberapa waktu belakangan ini banyak inovasi terbaru yang dibuat, seperti diantaranya adalah gelang yang juga dilengkapi dengan GPS yang nantinya dapat digunakan untuk melacak keberadaan buah hati. Sehingga hal tersebut membuat orang tua lebih aman untuk meninggalkan mereka ketika bersekolah ataupun bermain, karena tetap bisa diawasi.