Industri fashion merupakan salah satu industri tertua di dunia. Sejak zaman abad pertengahan, urusan busana telah jadi kegiatan penting yang menentukan kelas sosial. Oleh karena itu, pemakaian busana yang berkelas adalah hal penting yang harus dikuasai oleh orang-orang dengan harta berlebih. Seiring waktu hingga sekarang, tren ini tidak berubah dan fashion selalu jadi sesuatu yang lebih dari sekadar berpakaian, yakni menunjukkan kelas sosial. Selama ratusan tahun juga, para perusahaan mode berjuang untuk selamat dari dekade-dekade gelap dengan kondisi ekonomi yang merosot. Sampai akhirnya, kini banyak perusahaan legendaris fashion yang berhasil melewati tahun demi tahun dan mencapai tahun 2018 dengan kejayaan teramat mahsyur. Industri fashion ini melingkupi juga bagaimana topi diterima di masyarakat sebagai sebuah atribut fashion. Ya, ada beragam jenis topi yang dimiliki masyarakat, mulai dari topi snapback untuk anak muda, hingga topi fedora untuk orang-orang dengan kelas ekonomi atas. Merek topi branded pun tersebar di seluruh dunia, bahkan hingga masuk ke pasar Indonesia.

Ya, pasar atau industri topi kelas atas tak ubahnya dengan industri mobil mewah, pasti memiliki penggemar di mana pun negara yang merek singgahi.

Merek topi branded yang ada di Indonesia pun beragam, mulai dari merek lokal yang dijual dengan harga murah dan umumnya untuk pasar anak muda. Adapun beberapa merek kelas dunia juga yang masuk ke Indonesia, namun hanya dijual terbatas di toko-toko di mall mewah. Ya, merek-merek kelas dunia ini memang bukan menjual sembarang topi. Mereka menjual topi dengan desain dan warna khusus yang  secara citarasa hanya bisa dipahami oleh golongan kelas ekonomi tertentu.

Yap, gap antara topi yang dikreasikan oleh produsen kelas dunia memang sama sekali berbeda dengan yang dipasarkan oleh kelas lokal. Lantas, apa saja merek topi kelas dunia yang punya nama besar dan mampu bertahan hingga kini? Berikut ulasannya.

  1. Brand Bailey

Bailey Hats of Hollywood - Village Hat Shop

Sejak pertama kali berdiri tahun 1922, Bailey langsung menjadi brand topi yang identik dengan para artis besar Hollywood di aba ke-20. Kualitas kelas atas lah yang membuat topi ini mampu bertahan hingga hampir seratus tahun, melewati masa-masa sulit di abad ke-20. Spesialisasi Bailey adalah topi-topi dengan citarasa gentleman yang sangat sesuai untuk para pria dengan selera tinggi.

 

  1. Brand New Era

NEW ERA DETROIT TIGERS MLB FITTED CAP - Black | Jimmy Jazz - 10023379

Nama brand ini mungkin mirip dengan brand yang cukup populer di Indonesia, tapi bukan, brand ini bukan brand lokal yang itu. New Era merupakan produsen khusus topi snapback yang menyasar kelas menengah atas. Yup, dengan memilih arah topi olahraga sebagai produk utama, New Era sudah hampir berusia 100 tahun, dengan nama brand yang dianggap sebagai brand nomor satu di dunia topi olahraga jenis snapback. Mereka mampu menjual jutaan topi dalam setahun! Tentu ini suatu angka yang mencengangkan, bukan.

 

3. Brand Borsalino

Borsalino Crushable Safari Fedora - Black

Brand topi yang satu ini sudah berdiri nyaris 200 tahun sejak pertama didirikan tahun 1857. Kekuatan utama brand ini adalah pada topi fedora andalan mereka. Sebagai spesialis fedora, sudah pasti target yang mereka tuju adalah para pria dari kelas atas yang menyukai berpenampilan dengan gaya classy dan elegan. Tidak salah memang kalau brand asal Italia ini digemari para pria-pria dari kelas atas.

Referensi: https://review.bukalapak.com/mens-style/5-jenis-topi-yang-sedang-hits-di-kalangan-pria-urban-47220