Palladium merupakan salah satu jenis logam perak yang pada umumnya memiliki warna putih kesilveran dengan kilau khusus yang membuat logam ini tampak menjadi lebih berbeda. Jenis logam ini kini banyak dijadikan sebagai bahan untuk pembuatan sebuah cincin. Cincin yang terbuat dari bahan palladium ini, pada umumnya banyak dihadirkan dan didesain secara khusus sebagai sebuah cincin kawin, karena memang bentuk yang simpel dan kesan elegan dapat diperoleh dengan mudah. Cincin palladium ini, biasanya akan memiliki tingkat ketahanan yang lama dan tergolong sebagai logam mulia karena tidak terpengaruh dengan adanya korosi serta proses oksidasi.

Selain karena sifat tahan lamanya, palladium sering digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan cincin kawin juga lebih dikarenakan harga dari bahan tersebut berada pada range pertengahan antara emas dan perak, sehingga membuat para calon penggunanya, akan lebih mudah dalam membeli dan mendapatkan cincin kawin tersebut. Cincin kawin dengan bahan pembuatan utama dari logam palladium ini, selain disajikan dalam bentuk jadi biasanya juga dapat dipesan custom dengan desain dan ukuran yang disesuaikan dengan keinginan para calon penggunanya.

Keuntungan lain yang mungkin akan dapat Anda peroleh jika Anda memilih cincin palladium ini untuk Anda jadikan sebagai cincin kawin bagi Anda dan pasangan, antara lain adalah:

  • Cincin kawin yang terbuat dari bahan palladium, tidak akan menimbulkan gatal ataupun reaksi alergi lainnya, dikarenakan bahan palladium ini merupakan logam hypoallergenic yang tidak akan menimbulkan reaksi alergi pada kulit penggunanya.
  • Cincin yang terbuat dari bahan palladium ini sangat mudah dibersihkan, karena hanya membutuhkan air hangat dan campuran larutan air dan sabun untuk membersihkannya. Selain itu cairan khusus untuk membersihkan palladium juga telah banyak diedarkan dan mudah untuk Anda dapatkan.
  • Memiliki warna yang berkilau dan mampu bertahan dalam jangka waktu lama, serta hanya dengan membersihkan cincin warna kemilau akan kembali seperti semula.

Meskipun memiliki kelebihan dan keunggulan untuk dijadikan sebagai bahan cincin kawin, namun palladium sendiri juga memiliki beberapa kekurangan, salah satu diantaranya adalah bahan ini sulit dibentuk untuk menjadi model perhiasan lainnya, diluar cincin. Hal ini lebih disebabkan karena tekstur keras pada bahan logam yang satu ini yang dapat mengakibatkan sulitnya logam untuk dibentuk menjadi berbagai model perhiasan yang rumit.

Cincin palladium ini juga masih kurang dikenal oleh masyarakat, sehingga akan sulit bagi Anda untuk menjualnya kembali pada berbagai counter perhiasan, kecuali Anda hanya dapat menjualnya kembali pada counter perhiasan khusus yang memang hanya menyajikan berbagai perhiasan terutama cincin dengan bahan palladium didalamnya. dari berbagai keunggulan dan kekurangan yang telah disajikan tersebut diatas, cincin kawin berbahan palladium akan tetap menjadi solusi yang tepat bagi Anda yang menginginkan perhiasan dengan kesan elegan.