Cincin menjadi perhiasan yang sakral karena digunakan untuk mengikat dua manusia dalam ikatan yang suci seperti pernikahan dan pertunangan. Umumnya cincin pernikahan terbuat dari emas baik kuning maupun putih sehingga tahan lama dan memiliki nilai tinggi sebagai perhiasan. Namun untuk umat Islam khususnya para laki-laki, terdapat larangan mengenakan perhiasan yang terbuat dari emas. Hal ini kini bisa disiasati dengan menggunakan cincin perak dan palladium yang sama-sama bisa dipakai untuk pria muslim dan dipesan sesuai bentuk yang diinginkan. Meski begitu, cincin palladium kini lebih disukai karena memiliki beberapa kelebihan dibandingkan cincin perak. Tertarik untuk memilikinya, berikut ini adalah kelebihan dari bahan Palladium sebagai bahan perhiasan.

Palladium memiliki sifat seperti emas dimana ia merupakan logam mulia yang tahan terhadap pembakaran atau oksidasi serta korosi. Ketahanan ini membuat palladium lebih awet dan tahan lama seperti pada penggunaan emas untuk perhiasan. Selain itu jika banyak yang memiliki reaksi alergi terhadap emas dan perak, palladium merupakan logam mulia yang lebih bersahabat karena bersifat hypo allergenic yaitu tidak menimbulkan reaksi alergi. Anda bisa menggunakannya lebih lama tanpa menimbulkan reaksi gatal hingga melepuh seperti yang umum terjadi dengan penggunaan perhiasan perak.

Cincin palladium sendiri memiliki harga jual yang lebih rendah dibandingkan dengan cincin emas. Perbedaannya lumayan besar sehingga bagi Anda yang menginginkan perhiasan pernikahan dengan harga terjangkau, cincin jenis ini merupakan pilihan yang tepat. Namun jika dibandingkan dengan perhiasan perak, harganya lebih mahal karena palladium memiliki sifat yang lebih awet dibandingkan dengan perhiasan perak. Meski begitu keduanya memiliki sifat yang sama yaitu sama-sama susah dibentuk sehingga model yang banyak ditemukan menggunakan bahan palladium adalah cincin minimalis meski tetap dibuat se-elegan mungkin dengan penambahan aksen atau batu.

Baca juga : Panduan Memilih Cincin Emas untuk Pernikahan yang Tepat

Selain sifat-sifat di atas, jika Anda memilih cincin dengan bahan palladium sebagai cincin perkawinan, maka Anda akan mendapatkan sebuah cincin yang awet dengan cara membersihkan yang sangat mudah. Jika emas perlu disepuh kembali agar tetap mengkilat seiring dengan pergantian waktu, palladium memiliki cara yang lebih mudah untuk dibersihkan yaitu hanya menggunakan air sabun kemudian di gosok menggunakan kain basah. Anda juga bisa menggunakan air hangat untuk hasil bersih yang lebih maksimal. Jika menggunakan jasa toko perhiasan untuk membersihkannya, umumnya mereka akan menggunakan cairan khusus untuk membersihkan perhiasan dari palladium.

Tertarik ingin membeli cincin palladium sebagai cincin pernikahan Anda? Rentang harga yang cukup variatif yaitu sekitar Rp. 500 ribu hingga jutaan rupiah bisa Anda gunakan untuk mendapatkan sepasang cincin tersebut. Perbedaan harga umumnya disebabkan karena bentuk dan ukuran cincin dimana semakin besar maka harganya juga semakin mahal dikarenakan butuh proses yang lebih rumit untuk membentuknya.