Model kebaya Bali adalah salah satu jenis model kebaya yang menjadi kekayaan budaya Indonesia yang saat ini tengah berkembang baik dalam pasaran dan modelnya. Beberapa daerah terkenal di Indonesia sebenarnya mempunyai model kebaya yang juga tak kalah populer, seperti model kebaya Jawa, Kebaya Batak, dan Kebaya Bali. Hal ini kemudian menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negeri yang kaya selain pada kebudayaan juga pada busananya.

Baju kebaya sebenarnya adalah jenis baju yang sudah ada sejak jaman dahulu. Bahkan saking uniknya, jenis baju ini juga mulai dikenal, dipakai dan dimodifikasi orang luar negeri. Adapun untuk jenis kebaya bali, jenis kebaya ini adalah busana sehari-hari yang biasanya dipakai untuk menghadiri upacara adat warga setempat. Model Kebaya Bali sangat erat hubungannya dengan formalitas dan juga ritual yang dijalankan di wilayah Bali. Model kebaya ini juga memiliki ciri khas yang tentunya tidak dimiliki oleh jenis kebaya lain. Salah satu ciri khas dari kebaya bali ini sendiri yaitu kain khas yang diikat di bagian pinggang, kain ini biasanya memiliki warna yang kontras dan setema dengan kebaya yang digunakan. Model Kebaya Bali ini sendiri biasa dibentuk menyerupai bentuk pita maupun terlihat istimewa dengan tambahan akesoris bunga yang memiliki warna kontras.

Ciri lain dari kebaya adalah rok motifnya yang sangat berbeda dengan rok motif pada umumnya. Hal ini dikarenakan motif bunga teratai yang jadi ciri khas pada tiap rok kebayanya. Hal ini tentunya berlainan dengan model kebaya Jawa yang cenderung didominasi dengan lekuk yang memanjang.

  1. Kebaya kutu baru

Contoh kebaya yang pertama ini adalah jenis kebaya bali yang paling sering dijumpai. Meski terkesan tradisional namun kebaya ini tetap memiliki modifikasi kebaya modern sehingga sangat pas dan cocok sekali bahkan saat dijadikan busana untuk menghadiri pesta.

  1. Kebaya Bali model rangrang

Contoh kebaya kedua ini disebut juga sebagai kebaya kombinasi karena perpaduan dua jenis kain yakni kain kebaya dan kain polos sebagai bahan pembuatnya. Batik rangrang adalah salah satu jenis bahan Batik yang kini sedang naik daun. Biasanya batik ini dipakai dengan bawahan rok kebaya jenis apapun sesuai dengan selera dan postur tubuh pemakainya. Sebagai pilihan lainnya, kamu juga bisa menemukan rok kebaya model tulip, model putri duyung, model span dan bawahan rok model lainnya.

  1. Kebaya Bali model lonceng

Kebaya Bali model lonceng adalah salah satu model kebaya yang kini bisa dengan mudah ditemukan di pasaran. Ciri khas desain kebaya Bali model lonceng ini yaitu ada pada bagian lengan kebaya yang memiliki bentuk seperti lonceng. Ditambah lagi dengan adanya hiasan bordir yang mampu memberikan kesan yang elegan dan anggun.

  1. Kebaya Bali model kimono

Kebaya bali model kimono adalah salah satu inovasi berkebaya yang saat ini tengah digandrungi masyarakat terutama para anak mudanya. Hal ini karena potongan uniknya yang menyerupai kimon namun tetap mempertahankan aksen dan motif bali didalamnya. Selain unik dan bisa digunakan untuk kegiatan adat, kebaya bali model model kimono ini juga bisa digunakan sebagai kebaya pesta. Kamu juga bisa menggunakan model kebaya bali satu ini untuk wisuda loh. Bila kamu ingin mencari inspirasi kebaya wisuda lainnya kamu bisa baca disini:

https://review.bukalapak.com/fashion/5-model-kebaya-bali-modern-ini-bisa-bikin-kamu-terlihat-elegan-16816