Jika diperhatikan saat ini telah banyak orang yang menggunakan kacamata entah karena memang kebutuhan atau hanya sekedar sebagai pelengkap gaya fashion. Hal itu mungki juga sedikit banyak dipengaruhi oleh harganya yang semakin terjangkau yang sesuai untuk semua kalangan dan ketersediannya yang beragam mulai dari kebutuhan jarak jauh,dekat,cylinder, atau sebagai anti radiasi.

Daftar Bahan Frame Kacamata Yang Berkualitas

Yang paling mencolok yang bisa dijadikan sebagai pembeda kacamata adalah pada model dan bahan frame yang digunakan. Frame sangat penting karena berfungsi sebagai pembingkainya. Banyaknya model frame yang ada tentu akan semakin mempermudah kalian dalam menentukan pilhan yang sesuai dengan kebutuhan dan tentu saja bentuk wajah.

Namun yang perlu diperhatikan lebih dalam pada saat menentukan frame selain dari model dan warna adalah bahan yang digunakan. Ini penting mengingat beberapa bahan yang bisa digunakan pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Nah untuk membantu menambah informasi bagi kalian maka kami telah rangkumkan beberapa daftar bahan yang bisa digunakan sebagai frame kacamata lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya berikut ini :

  • Plastik

Frame dengan bahan ini biasanya memiliki harga yang lebih murah, namun bahannya ini menjadi favorit karena lebih ringan sehingga jika digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama tidak akan memberikan rasa sakit pada bagian telinga ataupun pertengahan mata dan hidung. Sayangnya bahan ini memiliki kekurangan yaitu mudah pecah.

Baca juga: Tips Memilih Lensa Kacamata yang Tepat dan Aman untuk Anda

  • Alumunium

Jika dilihat dari ketahanan bahan maka alumunium seharusnya menjadi yang cukup baik karena memiliki kualitas yang lebih baik dari bahan plastik. Meskipun demikian alumunium juga akan terasa nyaman digunakan karena bahannya juga ringan dan kelebiha yang lain adalah jika jatuh kacamata jenis ini framenya tidak akan mudah rusak.

  • Titanium

Bahan frame yang satu ini biasanya akan ditemukan oada desain yang jadul atau vintage, frame nya memiliki sifat yang lebih tipis dibandingkan model yang sekarang. Memiliki bobot yang ringan yang menjadi nilai tambah namun sayang model yang dimiliki sudah sangat sedikit variasinya.

  • Metal

Bahan terakhir yang bisa digunakan sebagai frame kacamata adalah metal, bahan ini termasuk yang paling kuat jika dibandingkan dengan bahan sebelumnya karena terbuat dari logam atau besi yang bagus. Oleh karena itu harga yang dibandrol pun cukup tinggi, namun tidak perlu khawatir untuk beratnya karena hampir setara dengan berat frame palstik. Model yang dimiliki pun telah sangat bervariasi tetapi umumnya pada bagian depan tidak terdapat bingkai yang penuh.

Nah bagaimana setelah mengetahui daftar bahan yang bisa digunakan untuk pembuatan frame lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya ? sudah bisa menentukan dong mana yang paling sesuai dengan kebutuhan ? semoga dengan informasi ini kalian bisa mendapatkan kacamata yang akan nyaman pada saat digunakan.