Perkembangan fashion tidak lepas dari aksesoris pendukungnya. Fungsi akseoris adalah untuk menunjang penampilan agar terlihat lebih stylish. Sama halnya dengan busana, akseoris juga mengalami perkembangan salah satunya adalah gelang. Jika Anda hobi membuat kerajinan tangan bisa membuat gelang sendiri dengan bahan-bahan yang simple.

Membuat kreasi gelang bisa untuk koleksi pribadi atau untuk dijual kembali. Bisnis jualan gelang membuka peluang menjanjikan. Nah, jika Anda tertarik membuat gelang sendiri, berikut ini kami akan membahas cara pembuatan gelang dari bahan tali sepatu yang bisa Anda coba buat.

Baca juga: Tips Memilih Gelang Pria

Kreasi Gelang Tali Sepatu Pertama

Teknik membuat gelang dari bahan tali sepatu adalah macramé. membuat gelang ini bahannya sangat sederhana dan caranya sangat mudah.

Bahan-Bahannya:

  • Tali sepatu, bisa yang bekas atau baru
  • Lem super
  • Gunting dan korek api

Cara Pembuatannya:

Pertama-tama ukurlah panjang tali sepatu dan sesuaikan dengan lingkar pergelangan tangan. Jika sudah sesuai, potong menggunakan gunting. Agar ujung tali tidak terurai caranya bisa dirapihkan menggunakan nyala api dari korek atau lilin.

Setelah rapi,lilitkan tali mengikuti lingkar tangan, lalu lekatkan ujung tali menggunakan lem. Diamkan beberapa saat sampai mengering. Setelah kering, gelang sudah siap digunakan.

Cara tersebut merupakan cara yang paling mudah dan sederhana, berikut ini kita akan memberikan tips cara pembuatan gelang dari tali sepatu yang sedikit agak rumit dibandingkan dengan yang sebelumnya.

Kreasi Gelang Tali Sepatu Kedua

Membuat gelang tali sepatu berikut ini membutuhkan keterampilan dan ketelitian yang cukup baik. Selain itu dibutuhkan ketelitian dan cermat.

Bahan-Bahannya:

  • Tali sepatu warna warni sesuai dengan selera
  • Mutiara atau manik-manik
  • Jarum dan benang, sebaiknya sesuaikan dengan warna tali sepatu yang akan dikreasikan
  • Gunting dan korek api.

Langkah-Langkahnya:

Jika semua bahan-bahan sudah tersedia, bersiaplah membuat gelang tali sepatu mutiara/ manik. Langsung saja simak langkah-langkahnya berikut ini:

Pertama-tama adalah ambil benang dan jarum, kemudian sematkan benang ke jarum. Jika sudah menyatu lanjutkan dengan menyematkan mutiara atau manik-manik ke bagian tali sepatu.

Lalu ikat dan jahit melingkari mutiara atau manik-manik yang sudah menempel. Memungkinkan untuk menambahkan bentuk dan variasi membentuk tali. Hal ini bisa membuat kreasi gelang tali sepatu menjadi terlihat lebih unik dan stylish.

Apabila mutiara atau manik-manik sudah menempel di tali sepatu, lanjutkan dengan menggunting ujung tali sepatu menggunakan nyala api dari korek atau lilin. Cara tersebut dilakukan agar serat pada ujung tali tidak terurai dan potongannya tidak membekas atau menjadi berbulu.

Lalu lanjutkan dengan mengikat ujung tali sepatu, lakukan dengan rapi. Nah, selesai sudah cara membuat gelang tali sepatu hiasan mutiara. Akan lebih mengerti jika tips yang kita bahas dipraktekkan langsung. Selamat berkreasi!