Sebagai salah satu negara yang memiliki iklim tropis, Indonesia juga mempunyai 2 musim yaitu musim hujan dan musim panas. Untuk penyesuaian dengan musim tersebut, Anda juga harus menyesuaikan gaya berpakaian yang Anda miliki dengan cuaca yang sekarang sedang terjadi. Sebenarnya, memang tidak ada batasan-batasan tertentu untuk memilih pakaian yang harus digunakan, namun selain memilih pakaian yang membuat Anda nyaman, Anda harus memilih pakaian agar Anda terlihat lebih menarik. Ketika musim panas datang, panas matahari akan membuat Anda kepanasan, terlebih Anda sering melakukan aktifitas yang berada di luar rumah. Oleh sebab itu Anda harus memilih gaya berpakaian yang akan membuat Anda terasa nyaman ketika menggunakannya.

baju-fashionarsisTips pertama, gunakan celana chino. Celana chino memang bisa dijadikan sebagai sebuah alternatif untuk mengganti celana dengan bahan denim atau jeans. Celana yang memiliki bahan katun dengan pilihan berbagai macam warna ini sangat cocok Anda gunakan untuk jalan-jalan, kuliah hingga ke kantor. Selain itu, menggunakan celana yang sedang trend ini juga bisa membuat penampilan Anda menjadi lebih fashionable. Jika ingin sekedar pergi keluar ke mall, Anda bisa memilih menggunakan celana pendek yang bisa membuat Anda terasa nyaman dan bebas bergerak.

Kedua, jangan menggunakan gaya berpakaian baju ketat. Pakaian yang terlalu menempel di badan akan menyebabkan kekurangan sirkulasi udara, sehingga akan membuat Anda mudah berkeringat. Selain itu, pakaian yang ketat ini juga bisa membatasi pergerakan Anda, terlebih untuk Anda yang sering melakukan aktifitas di luar rumah dan menuntut Anda untuk banyak bergerak. Lebih baik Anda menggunakan pakaian yang tidak terlalu ketat dan tidak terlalu longgar, sehingga akan lebih pas di badan.

Ketiga, pemilihan motif dan warna. Anda pasti sudah mengetahui jika menggunakan pakaian yang berwarna gelap akan membuat Anda semakin kepanasan ketika berada di bawah sinar matahari. Oleh karena itu lebih baik Anda menggunakan warna yang lembut dan cerah seperti baby blue, mint dan yang lainnya. Warna-warna cerah juga akan membuat hari-hari Anda menjadi lebih bersemangat. Untuk motifnya, motif seperti bunga sangat cocok dipergunakan ketika cuaca panas. Agar tidak terlalu menyolok, lebih baik Anda menggunakan motif yang berukuran kecil dan tidak terlalu penuh. Jika Anda menggunakan motif yang besar, orang-orang malah fokus dengan motif yang Anda kenakan.

Keempat, pilih pakaian dan bahan katun. Baju yang terbuat dari bahan katun merupakan pilihan baju yang paling tepat digunakan ketika musim panas. Katun sangat baik untuk menyerap keringat. Katun juga mempunyai bahan yang ringan sehingga cocok digunakan ketika musim panas tiba. Baju yang terbuat dari katun juga memungkinkan pori-pori kulit Anda bernafas dengan leluasa ketika cuaca sedang panas sehingga akan meminimalisir produksi keringat yang berasal dari tubuh. sebaiknya Anda memilih katun yang berkualitas agar bisa merasa nyaman ketika menggunakannya. Biasanya di label pakaian terdapat keterangan bahan.

Kelima, menggunakan jaket. Gaya berpakaian trendy menggunakan jaket juga semakin banyak. ketika musim panas, jaket juga menjadi benda yang sering dipergunakan untuk melindungi kulit dari panasnya matahari. Untuk Anda yang mempunyai keterbatasan uang, Anda dapat memilih jaket yang berasal dari bahan yang cocok digunakan untuk musim panas dan musim hujan. Jaket 2 musim ini seperti jaket parasut, jaket jenis ini cocok digunakan pada negara tropis seperti di Indonesia.