Cincin merupakan salah satu aksesoris, yang biasa digunakan oleh banyak kalangan sebagai sebuah perhiasan simbol komitmen bagi pasangan. Perhiasan yang diletakkan dalam jari-jari tangan ini memang lebih sering dihadirkan dalam bentuk emas atau pun logam mulia lainnya. Bagi pasangan yang memang ingin meningkatkan komitmen dalam hubungan yang sedang mereka jalani, pemilihan jenis cincin berbahan dasar logam emas, memang pada umumnya mutlak untuk dihadirkan. Karena selain memiliki nilai yang lebih tinggi, cincin berbahan dasar emas juga memiliki nilai estetika yang tinggi ketika digunakan. Bagi Anda pasangan yang sedang berburu cincin emas sebagai lambang pengikat komitmen dalam hubungan Anda, berikut ini sedikit ulasan yang mungkin dapat Anda gunakan untuk memilih cincin tersebut.

Hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam pemilihan cincin berbahan dasar emas sebagai cincin pernikahan adalah bentuk dan ukuran dari cincin tersebut. Bentuk cincin pernikahan, pada umumnya akan memiliki bentuk lingkaran polos ataupun bermata, namun dengan aksen yang sederhana, serta memiliki kemiripan model dan design yang digunakan oleh masing-masing pasangan. Sedangkan dari segi ukuran, ada baiknya ketika membeli cincin pernikahan, Anda membelinya bersama dengan pasangan, agar nantinya mendapatkan ukuran yang sesuai dengan ukuran masing-masing dari Anda dan pasangan.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan dalam pemilihan cincin emas sebagai cincin pernikahan, antara lain adalah:

  • Cincin kawin berbahan dasar emas pada umumnya, akan sering sekali Anda gunakan dalam keseharian. Oleh karena itu lebih disarankan bagi Anda untuk memilih kadar emas yang tidak terlalu tinggi sebagai bahan pembuatan cincin. Hal tersebut lebih disebabkan karena kadar emas pada cincin yang lebih tinggi, akan mudah tergores karena memiliki tekstur yang kurang padat.
  • Perhatikan kelengkapan surat-surat dari cincin kawin yang akan Anda beli. Pastikan bahwa cincin berbahan dasar emas tersebut memiliki sertifikasi yang lengkap, dimana sertifikasi tersebut, pada umumnya akan mencantumkan berat, model, kadar emas, serta harga yang dibandrol untuk cincin tersebut.

Pembelian cincin kawin yang disesuaikan dengan budget yang Anda miliki akan lebih disarankan untuk Anda lakukan, mengingat nantinya Anda juga akan mengeluarkan pendanaan lainnya untuk melangsungkan acara pernikahan bersama dengan pasangan. Pilihlah untuk membeli cincin kawin tersebut pada toko emas ataupun jewelery terpercaya, sehingga tingkat keasliannya dapat lebih terjamin, karena toko terpercaya biasanya akan memberikan barang berkualitas pada konsumennya.

Mengingat nantinya cincin emas yang Anda gunakan untuk cincin pernikahan ini akan sering digunakan, bahkan setiap harinya maka lakukanlah pembersihan dan perawatan cincin tersebut secara berkala, agar nantinya tingkat keistimewaan dari cincin tersebut dapat terus terjaga dengan baik dan dapat Anda gunakan dalam jangka waktu yang lama, bahkan hingga seumur hidup Anda.