Pernahkan kamu merasakan kesulitan memasangkan tali sepatu karena tali sepatu kamu sudah rusak? Iya, tali sepatu bisa rusak loh, kerusakan yang sering dialami adalah ujung tali sepatu yang sudah mengelupas. Dengan begitu, cara ikat tali sepatu yang rusak akan lebih susah kan guys. Kalau sudah begitu, pasti kamu ingin mendapatkan gantinya dan membeli yang baru.

Mumpung kamu ingin membeli tali sepatu yang baru nih, ketika kamu nanti akan mencoba cara memasang tali sepatu barumu, kamu bisa loh membuat variasi tali sepatu agar tidak monoton.

Kamu sudah memutuskan kan untuk membeli tali sepatu baru sebagai pengganti tali sepatu kamu yang rusak? Agar kamu tidak bingung tali sepatu yang seperti apa yang akan kamu beli, kami akan memberi tahu nih beberapa jenis tali sepatu yang bisa kamu dapatkan.

Di luar sana, jenis tali sepatu itu banyak loh guys, misalnya saja tali sepatu yang bulat, lebar, panjang, dan tali sepatu berwarna. Daripada kamu berpusing-pusing, yuk kita perhatikan lebih jauh mengenai dunia tali sepatu ini.

Bahan Tali Sepatu

Bahan tali sepatu itu juga bermacam-macam, guys. Ada yang alami dan ada yang sintetis. Bahan alami biasanya terbuat dari kapas dan ini merupakan bahan tali sepatu yang paling umum. Yang berbeda adalah seberapa banyak persentase kapasnya karena kapas ini nantinya akan ditenun dan dapat menentukan besar-kecilnya tali sepatu.

Bahan alami tali sepatu yang lain adalah rami. Selain murah ternyata rami juga tahan lama dan kuat loh. Tali sepatu dengan bahan rami juga sangat nyaman untuk dipakai. Tali sepatu juga ada yang berbahan sintetis. Sekarang ini, bahan tali sepatu yang ini sangat populer. Ciri tali sepatu bahan sintetis adalah lebih bersinar, lebih halus, dan terlihat menggemaskan.

Ukuran Tali Sepatu

Ukuran tali sepatu juga ada bemacam-macam. Berikut gambaran ukuran tali sepatu yang bisa kamu pilih.

Jenis Lebar
Bulat 5mm
Oval 6mm
Pipih 8mm
Lebar 12mm
Ekstra Lebar 15mm

 

Ukuran-ukuran tali sepatu di atas akan berguna untuk membuat variasi tali sepatu. Variasi tali sepatu bisa ditentukan oleh bahan, ukuran, dan lubang tali sepatu. Mengikat tali sepatu secara datar adalah hal yang paling umum. Kamu bisa menggunakan ukuran tali sesuai dengan jenis sepatu kamu. Untuk tali sepatu bulat misalnya, sangatlah cocok untuk sepatu model boots yang besar.

Selain lebar tali sepatu, panjang tali sepatu juga berbeda-beda. Kamu perlu membeli tali sepatu yang panjang jika sepatu kamu memiliki lubang yang banyak atau kamu ingin membuat model tali sepatu. Tak jarang beberapa variasi tali sepatu membutuhkan tali sepatu yang panjang.

Warna Tali Sepatu

Agar kamu bisa terlihat lebih keren lagi, kamu bisa lho membeli tali sepatu dengan warna yang anti-mainstream. Apalagi kamu yang berniat mengikat tali sepatu dengan suatu gaya misalnya. Tidak ada salahnya mencoba warna baru bukan?

Tali sepatu memang tampak sederhana untuk banyak orang, tapi bisa kamu coba mainkan dengan berbagai gaya tergantung dengan bahan, ukuran, dan warna. Selain agar terlihat lebih fresh, kamu akan terlihat lebih keren tentunya. Kamu tinggal menentukan nih jenis tali sepatu yang mana yang sesuai dengan sepatu kamu. Tinggal dipilih aja kok!