Style hijab casual saat ini semakin banyak diminati oleh para kaum wanita muda, tak sedikit juga yang mengenakan style kasual ini bagi mereka yang sudah berusia setengah baya.  Seperti yang kita ketahui, menutup aurat merupakan kewajiban bagi setiap wanita yang beragama Islam, hingga inilah yang mulai meyakinkan bahwa sebenarnya berhijab itu tak berat karena apapun yang Allah suruh tentunya akan baik bagi kehidupan makhluknya.

Hijab sendiri berasal dari serapan bahasa Arab, yaitu dari kata hajaban yang berarti juga sebagai penghalang. Di beberapa negara, kata hijab lebih sering dirujuk kepada jilbab atau kerudung yang digunakan oleh para perempuan muslim. Dengan kata lain, hijab merupakan pakaian yang menutupi seluruh aurat dan lekuk tubuh wanita agar tak menjadi sumber fitnah yang mengerikan. Berhijab juga harus sesuai dengan tuntunan agama yang benar.

Dengan semakin banyaknya perempuan muslimah yang kemudian memutuskan untuk berhijab, sesuai dengan syarat yang ada, banyak juga yang kemudian salah tangkap dengan model hijab yang dikenakannya. Memang ada proses dalam berhijrah. Namun prosesnya tetap harus menyesuaikan dengan tata cara dan ketentuan yang ada di dalam agama. Bukankah seorang muslim juga bertanggung jawab atau terikat dengan kontraknya?

Untuk itu, jangan sampai Anda pun keliru untuk mengartikan hijab fashion. Yang mana menurut pendapat sebagian orang, hijab fashion boleh saja menampilkan baju pendek, namun tetap berkerudung, ataupun dengan menggunakan celana yang sangat ketat, namun tetap berkerudung, hingga bahkan bagian aurat seperti punggung atau bahkan perutnya tetap terlihat.

Ciri ciri penggunaan hijab yang baik, di antaranya:

 

  1. Pilihlah bahan kain yang tebal dan tidak menerawang. Tentunya ini demi menghindari adanya mata mata jahat pada muslimah.
  2. Pilihlah model baju yang tak terlalu mencolok. Seperti halnya tampilan kasual. Hindari desain dengan berlebihan seperti adanya penambahan emas dan berlian, boleh saja digunakan, tapi sebaiknya tak digunakan ditempat umum yang dapat mengundang kejahatan.
  3. Baju yang digunakan harus longgar, hindari pakaian yang terlalu ketat. Pakaian yang terlalu ketat juga dapat menimbulkan rasa berprasangka buruk dari apa yang orang pikirkan. Meskipun memang orang lain yang berpikiran buruk, tapi wajib rasanya bagi kita untuk tetap menjaga, jangan sampai mengundang kebencian atau omongan miring dari orang lain.
  4. Padu padankan warna hijab dengan setelan baju Anda. Memadukan warna warni setelan pakaian dan hijab yang muslimah gunakan tentu sangat penting, hal ini juga supaya mengesankan bahwa seorang muslimah itu tetap tampil elegan dengan penggunaan hijab sesuai syaratnya.

Anda tentunya masih mengingat bukan, apa saja sih yang menjadikan alasan Anda untuk berhijab sebelumnya? Inilah beberapa alasan dari perempuan yang memutuskan untuk berhijab.

 

  • Karena mendapatkan hidayah

Pernahkah Anda mengalaminya? Mengalami kejadian spiritual yang mungkin saja menuntun Anda untuk memutuskan berhijab. Meskipun memang hidayah adalah murni milik Allah. Namun, kita kita tak menjemput hidayah, akankah hidayah itu datang? Sehingga terus memperbaiki diri akan menjadi salah satu jalan hidayah untuk berhijab.

  • Karena kebiasaan

Pentingnya kebiasaan seseorang juga dapat menjadikannya memutuskan berhijab. Dengan niat tulus dan murni tentunya juga mampu membantu memperkuat keinginannya. Biasanya anak anak perempuan yang sudah terbiasa berhijab, dan ditanamkan pendidikan  agama semenjak dini, akan lebih luwes hatinya untuk mengenakan hijab.

  • Karena malu

Beberapa di antara muslimah yang memutuskan berhijab adalah karena ia merasa malu bahwa dilingkungannya semakin sedikit orang yang tak lagi berhijab. Biar lebih asyik untuk ngobrol dengan teman teman juga.

  • Karena coba coba

Awalnya sih mencoba, karena semakin kesini desain dari baju baju untuk muslimah berhijab lebih stylish. Tapi karena hal coba coba dan iseng tersebutlah justru membuatnya berhijab. Simak nih : https://review.bukalapak.com/fashion/7-inspirasi-outfit-hijab-ala-korea-agar-semakin-stylish-saat-ootd-3366

 

Apapun alasannya, tetaplah menjadikan hijab sebagai identitas muslimah. Jangan berat mengenakannya, semoga mampu mempertahankan hingga akhir!