Kebaya merupakan salah satu busana yang digunakan oleh pengantin wanita. Sebagai seorang muslimah yang menggunakan hijab, saat menggunakan kebaya untuk pernikahan harus menggunakan kerudung untuk menutupi aurat bagian kepala. Sekarang sudah banyak model hijab modern dengan tampilan yang elegant untuk digunakan saat menggunakan kebaya saat acara pernikahan.

Menggunakan hijab untuk acara penting biasanya menggunakan model hijab lebih dari satu yang dikreasikan. Agar hasilnya menawan diperlukan keterampilan yang menjadikan tampilan hijab serasi dengan balutan kebaya modern. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tampilan menggunakan kebaya dan hijab sesuai, yaitu:

baca juga: Tips Memilih Hijab Modern yang Modis dan Elegan untuk Pesta

  1. Pertama-tama sesuaikan terlebih dahulu warna kebaya dan dua hijab yang akan digunakan. Sebaiknya warna hijab diambil dari warna kebaya atau dalemannya.
  2. Setelah warna, lanjutkan dengan memilih motif hijab yang Anda sukai. Umumnya model kebaya untuk pernikahan memiliki aksesoris motif datau payet yang ramai. Jadi sebaiknya pilih hijab yang tidak terlalu banyak motif atau polos.
  3. Selanjutnya, tentukan kreasi hijab. Apakah Anda menginginkan model kreasi yang simple atau rumit. namun jika ingin tampil lebih elegant sebaiknya gunakan hijab yang simple agar penampilan atas dan bawah lebih seimbang.
  4. Dari dua warna hijab yang akan digunakan, pilih salah satu warna yang akan ditonjolan. Misalnya jika warna yang dipilih adalah merah dan kream, bisa menonjolkan hijab yang warnanya merah.
  5. Saat menggunakan dua hijab, sebaiknya gunakan inner atau ciput agar lebih nyaman dan membantu hijab tetap pada posisinya (tidak bergeser). Salah satu hijab bisa pilih model pashmina yang nantinya bisa dikreasikan sebagai penutup leher.
  6. Gunakan aksesoris seperlunya saja, jangan terlalu berlebihan. Aksesoris hijab yang simple bisa menyeimbangkan hiasan payet yang terdapat pada kebaya.

Selain model yang sudah kita bahas di atas, masih banyak pilihan lainnya yang cocok untuk pengantin wanita. Contohnya; model hijab modern yang simple dan sedehana yang dipadukan dengan model kebaya atau kain batik. Lalu hijab hanya dibalutkan mulai dari kepala hingga leher dengan tambahan aksesoris seperti payet dsb. Agar aksen kreasi hijab pernikahan lebih terasa, bisa tambahkan rangkaian bunga melati pada hijab.

Selain itu, ada model hijab untuk pengantin yang dikreasikan dengan mahkota. Penggunaan hijab yang ditambahkan mahkota bisa dengan hijab panjang yang dijulurkan ke bawah, bagian ini bisa dikreasikan menyerupai bunga. Untuk membuat kreasi bunga bisa menggunakan jarum pentul. Lakukan pada salah satu sisi, boleh sisi kanan atau kiri.

Agar penampilan lebih sempurna, gunakan riasan make up yang sesuai. Hindari menggunakan make up yang memberikan kesan menor. Makeup natural bisa menjadi pilihan tepat untuk menyelaraskan penampilan dengan balutan kebaya dan hijab modern.