Penggunaan hijab memang tidak bisa dipisahkan dari seluruh wanita muslim yang ada di dunia. Tidak sedikit dari mereka mampu mengkreasikan bentuk dan model hijab sesuai dengan tren yang sekarang ini ada. Tetapi penggunaan hijab segi empat masih menjadi primadona sampai dengan sekarang, baik dalam acara resmi ataupun acara tidak resmi. Ukurannya yang cukup lebar menjadikan banyak orang memilih untuk menggunakan. Selain itu juga telah masuk dalam syariat yang ditentukan dalam penggunaan hijab secara islam karena besar ukuran. Sampai ukuran yang bisa didapatkan yaitu sampai dengan menutupi bagian leher sampai dengan bagian dada.

Pengaplikasiannya cukup mudah bisa dengan inner ataupun tanpa inner sesuai dengan bahan yang dipilihnya. Karena bahan juga akan berpengaruh pada tingkat kenyamanan pemakaiannya, terkadang ada hijab yang berbahan licin sehingga harus menggunakan inner sebagai dalaman. Sebagai pelindung rambut supaya tidak gampang berantakan juga sebagai pelindung jilbab supaya tidak licin dan mudah berantakan saat digunakan. Berikut ini langkah penggunaan hijab yang bisa dijadikan contoh dalam kegiatan yang santai dan sederhana, antara lain:

  1. Pertama siapkan hijab dengan bahan yang sesuai dengan keinginan dan tentunya pas dengan warna baju yang akan dikenakan. Pilih bahan yang membuat Anda merasa nyaman saat memakainya baik dalam waktu sebentar ataupun lama. Hijab segi empat sangat mudah diaplikasikan dalam bentuk apa saja.
  2. Kemudian gunakan inner sebelum mengenakan hijab, meminimalisir bahan jilbab yang mudah berantakan saat digunakan untuk berbagai gerakan dalam kegiatan. Sesuaikan warna dalaman dengan jilbab yang Anda kenakan, jangan sampai malah menjadikan terkesan norak jika Anda salah dalam memilih warna. Banyak model dan jenis inner yang bisa digunakan bisa Anda sesuaikan yang membuat nyaman.
  3. Setelah menggunakan inner kemudian taruh jilbab diatas kepala setelah dibentuk segitiga sebelumnya. Lalu sisakan kedua belah sisi yang mempunyai panjang yang sama, lalu rekatkan kedua sisinya menggunakan jarum ataupun peniti. Dalam hal ini juga bisa gunakan alat lainnya yang sekarang ini bisa didapatkan, yang menjadi tren yaitu penggunaan sejenis jarum atau peniti yang tidak merusak bentuk atau tekstur jilbab.
  4. Sebenarnya dengan begitu saja jilbab sudah terlihat cantik dengan tambahan bros kecil pada salah satu sisinya. Atau mungkin bisa membuat model lainnya seperti ditarik kedua belah sisi ke belakang kemudian di tali. Atau tarik salah satu sisi ke samping yang berlawanan arah.
  5. Untuk menunjang penampilan cantik saat mengenakan hijab segi empat, Anda bisa menggunakan sedikit aksesoris untuk mempermanis penampilan misalnya dengan bros kecil atau aksesoris lainnya. Walaupun sederhana menggunakannya tetapi kesan cantik dan menarik tetap ada, yang pasti sesuaikan dengan kebutuhan dan kegiatan yang akan dilakukan.